Bisnis

Kementerian Erick Thohir Dorong Perencanaan Matang di tempat Program TJSL

SateliteMX.net – Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial serta Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, mengatakan pentingnya perencanaan yang tersebut matang dengan mempertimbangkan prospek juga kebutuhan masyarakat, menjadi fokus utama dalam membangun setiap program TJSL yang lebih lanjut berdampak.

Menurut dia pengukuran impact program, baik dari segi kualitas maupun kuantitas adalah hal kritis dalam mengembangkan setiap program.

“Agar program-program yang mana berasal dari kolaborasi BUMN tiada belaka diterapkan sementara, melainkan harus dirawat, terus dimanfaatkan, juga dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain,” kata Eko dalam keterangannya dikutip Selasa (21/11/2023).

Asal tahu cuma saat ini 17 BUMN tengah menjalankan program BUMN Teman Bersenyum (BUMN Untuk Temanggung yang dimaksud Bersih, Sehat juga Nyaman untuk Umum) yang dimaksud dimulai pada Jumat (17/11/2023) di tempat Kawasan Wisata Sindoro Water Park, Desa Rejosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Salah satu BUMN yang bergabung berperan adalah Peruri. Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan juga TJSL Peruri mengatakan Program kolaborasi BUMN ini tidaklah cuma untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, tetapi juga fokus pada menggerakkan kemandirian rakyat melalui kemungkinan yang digunakan dimiliki pada daerah tersebut.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN untuk memberikan kontribusi positif kepada publik dalam mewujudkan pengerjaan yang mana berkelanjutan,” kata Ratih.

Ratih menjelaskan guna meningkatkan kapasitas dan juga kemandirian masyarakat, terutama para pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pada program ini juga diadakan Pelatihan Manajemen BUMDes. Sementara itu, pelatihan digital marketing juga dikerjakan untuk memperluas wawasan dan juga keahlian pelaku UMKM dalam pemanfaatan teknologi digital guna memperkenalkan item lokal serta mengembangkan prospek ekonomi pada tingkat lokal.

Baca Juga:  Saham Vale Dikuasai Negara, Rencana Hilirisasi Gibran Bisa jalan?

“Melalui kedua pelatihan itu, penduduk diharapkan akan lebih lanjut siap lalu terampil dalam mengelola peluang dunia usaha lokal mereka. Hal ini yang dimaksud pada akirnya dapat berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan sektor ekonomi serta kesejahteraan bersama penduduk Temanggung,” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button