Nasional

Komunitas Diduga HTI Bikin Acara Undang Ribuan Anak Muda Di Taman Mini, Begini Kata TMII Dan Polisi

Satelitemx.net – Organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dikabarkan telah terjadi menyelenggarakan acara bertajuk “Metamorfoshow: It’s Time to be One Ummah” dalam Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ibukota Indonesia Timur, pada Sabtu, 17 Februari 2024 lalu.

Kegiatan ini diduga oleh kelompok HTI ini baru terungkap usai foto kemudian videonya beredar di tempat media sosial X. Salah satunya diunggah pemilik akun @chanzyeolk.

Dalam keterangannya, acara yang disebutkan disebut dihadiri sekitar 1.200 anak muda. Beberapa tokoh yang digunakan hadir di tempat antaranya eks juru bicara HTI Ismail Yusanto, konten kreator HTI Aab El Karami, M Ihsan Akbar hingga influencer gen Z HTI Akhmad Adiasta.

“Berjam-jam 1.200 anak muda dalam cuci pikirannya, yang mana bertempat di dalam Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, sejak mulai pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat – 12.00 Waktu Indonesia Barat pada acara “Metamorfoshow : It’s Time to be One Ummah.” Ngeri ini deh, pemerintah kemana?,” tulisnya.

Kepala Seksi Humas TMII, Novera Mayang membenarkan adanya kegiatan tersebut. Namun ia mengklaim tidaklah mengetahui kalau pelopor diduga merupakan kelompok HTI.

“TMII menerima surat dari Panitia Metamorfo Show pada tanggal 7 Februari 2024 untuk kegiatan Peringatan Isra Mi’raj 1445 H yang mana berlokasi dalam Gedung Teater Tanah Airku,” kata Mayang terhadap wartawan, hari terakhir pekan (23/2/2024).

Menurut Mayang, pihak pengurus acara juga telah lama melampirkan surat izin keramaian yang dimaksud dikeluarkan Polsek Cipayung kemudian diketahui Polres Metro Ibukota Timur.

Di sisi lain, pada waktu acara berlangsung juga tidak ada ditemukan adanya atribut HTI. Acara yang disebutkan juga berlangsung secara aman.

Kekinian, lanjut Mayang, pihak manajemen TMII dan juga kepolisian sedang melakukan investigasi. Langkah yang dimaksud dilaksanakan untuk melakukan konfirmasi ada atau tidaknya kaitannya dengan HTI sebagaimana kabar yang mana beredar di dalam media sosial.

Baca Juga:  Tak Sependapat dengan Jokowi Soal Presiden serta Menteri Boleh Kampanye dan juga Memihak, Sri Sultan HB X: Saya Netral

“Saat ini pihak kepolisian sedang berkoordinasi bersatu Manajemen TMII untuk melakukan investigasi,” kata Mayang.

Sementara itu, Kapolres Metro Ibukota Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan pihak pengurus ketika itu memohonkan izin keramaian dengan alasan kegiatan Isra Miraj.

“Surat pemberitahuan untuk perayaan Isra Mikraj,” kata Nicolas.

Di sisi lain, di surat permohonan yang disebutkan pihak pelaksana menurutnya juga tidaklah mengatasnamakan HTI.

“Mereka bukan menggunakan nama HTI ataupun simbol HTI. Pihak TMII mengajukan permohonan izin ke Polsek Cipayung dengan nama kegiatan perayaan Isra Miraj,” tuturnya.

Polres Metro DKI Jakarta Timur, lanjut Nicolas, rencananya akan melakukan pemanggilan terhadap pihak pengurus acara.

“Kemungkinan akan diadakan klarifikasi atau diminta keterangan,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button