Nasional

Kasus Pungli di area Rutan KPK Capai Rp6,1 Miliar, Dewas: Tahanan Dapat Fasilitas Tambahan

Satelitemx.net – JAKARTA – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap modus-modus pungutan liar (pungli) pada rutan. Diketahui, sebanyak 93 pegawai KPK akan menjalani sidang etik akibat diduga kuat terlibat di pungli dalam Rutan KPK.

Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris menyatakan modus pungli yang mana mencapai Rp6,1 miliar itu bertujuan untuk mendapatkan prasarana tambahan bagi tahanan KPK. “Pokoknya dengan melakukan pungutan untuk tahanan maka tahanan itu mendapat layanan tambahan lah,” kata Haris, Kamis (18/1/2024).

Fasilitas tambahan itu, harus menyebutkan berbentuk diperbolehkan menggunakan gawai sekaligus mengisi daya baterainya. “Misalnya HP untuk komunikasi itu contohnya. Bisa juga pada bentuk apa namanya nge-charge HP kemudian lain lain,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, 93 pegawai yang dimaksud terbagi menjadi sembilan berkas perkara. Dengan rincian, 90 orang terbagi di enam berkas perkara, lalu 3 orang masing-masing satu berkas perkara. Sidang yang dimaksud dimulai sejak Rabu, 17 Januari 2024. Di hari pertama itu, Dewas memeriksa sebanyak 15 pegawai.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  Harapan Luhut Kepada Jaksa Usai Haris Azhar juga Fatia Diputus Vonis Bebas

Related Articles

Back to top button