Otomotif

Kapan Waktu Ganti Minyak Rem? Begini Penjelasannya

Satelitemx.net – Banyak pengemudi yang tersebut lebih tinggi memfokuskan perhatian merekan pada komponen seperti kampas, tromol, atau disc brake ketika membicarakan sistem pengereman. Namun, di dalam antara komponen-komponen tersebut, terdapat satu elemen yang tersebut banyak terlupakan, walaupun memiliki peran penting di sistem pengereman, yaitu minyak rem.

Pada sistem rem hidrolik, teristimewa pada rem cakram, keberadaan minyak rem menjadi krusial. Tanpa minyak rem, sistem rem hidrolik tak akan berfungsi bahkan apabila pedal rem sudah pernah ditekan berkali-kali pada mobil atau handel rem dipompa dengan kuat pada kendaraan beroda dua motor. Dengan kata lain, tanpa minyak rem, sistem pengereman tidaklah akan beroperasi secara optimal, bahkan bisa saja menyebabkan kondisi rem blong.

Kapan sebaiknya minyak rem diganti?

Sebagaimana halnya dengan komponen lainnya, minyak rem juga harus diganti secara berkala. Kewajiban untuk mengganti minyak rem ini muncul sebab terdapat zat aditif pada minyak rem yang dimaksud mempunyai masa kadaluarsa.

Sehubungan dengan waktu penggantian, menurut situs resmi Suzuki, idealnya minyak rem diganti setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer. Dari segi biaya, penggantian minyak rem termasuk perawatan yang tersebut terjangkau, dengan biaya sekitar 30-50 ribu rupiah, yang mana mencakup biaya pemasangan dan juga minyak rem baru.

Sebelum melakukan perbaikan, penting untuk memperhatikan kualitas minyak rem. Minyak rem yang dimaksud berkualitas harus mempunyai beberapa karakteristik, antara lain:

– Titik didih tinggi agar tidak ada mudah menguap.
– Perlindungan dari karat atau korosi.
– Ramah terhadap karet seal untuk mengurangi kebocoran.
– Viskositas yang digunakan tepat agar mampu meneruskan tekanan pada suhu ekstrem.
– Tidak memunculkan endapan yang sanggup menyumbat saluran minyak rem.

Baca Juga:  Daftar Mobil Listrik Terlaris di area Indonesia, Siapa Juaranya?

Agar sistem rem dapat beroperasi secara maksimal, disarankan untuk melakukan servis menyeluruh, termasuk pembersihan, penyetelan ulang, pemeriksaan piston, kaliper, kemudian karet.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button