Bisnis

Kado Spesial Natal serta Tahun Baru dari BRI, Dividen Interim Rp12,7 T Buat Pemodal

Satelitemx.net – Menjelang libur panjang Natal 2023 serta Tahun Baru 2024, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) akan datang memberikan kado spesial yakni berbentuk pembagian dividen temporer bagi para investornya.

Mengutip keterbukaan informasi emiten dengan kode saham BBRI, Selasa (19/12/2023) perseroan akan membagikan Dividen Interim dengan total senilai Rp12,7 triliun atau sebesar Rp84 per lembar saham.

Dari total nilai tersebut, dividen pengganti sebesar Rp6,8 triliun disetorkan untuk pemerintah dan juga sekitar Rp5,9 triliun akan dibagikan terhadap publik.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan pembagian Dividen Interim ini merupakan bentuk komitmen BRI pada memberikan economic value utamanya bagi para shareholders.

Melalui strategi kemudian inisiatif yang didukung pengelolaan modal yang dimaksud baik, pihaknya optimistis akan mampu untuk terus create value kemudian memberikan return yang optimal untuk pemegang saham.

“Perseroan menjamin pembagian dividen temporer ini bukan mengganggu permodalan BRI, juga disisi lain semua keinginan investasi, seperti pembangunan ekonomi untuk IT, telah terjadi terpenuhi juga cadangan untuk meng­-cover berbagai risiko telah terjadi disediakan dengan memadai,” kata Sunarso.

Lebih lanjut, Sunarso menjelaskan BRI miliki kemungkinan untuk membagikan dividen payout ratio lebih besar tinggi dari kondisi normal. Hal yang disebutkan telah lama dicapai perseroan ketika BRI membayarkan 85% dari net profit tahun 2021 juga 2022 untuk shareholders sebagai dividen.

Menurut Sunarso, rasio dividen yang tersebut tinggi yang dimaksud tak akan mengganggu kinerja BRI. Hal yang dimaksud dikarenakan BRI mempunyai modal yang dimaksud kuat, di tempat mana CAR BRI per September 2023 tercatat sebesar 27,4 atau di kedudukan yang dimaksud sangat memadai.

CAR BRI yang disebutkan jarak jauh pada melawan cuma keinginan rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) BRI yang tersebut sekitar 17,5%.

Baca Juga:  China Investasi Rp 23,18 Triliun Buat Kembangkan Kawasan Industri Terpadu Batang

Adapun timeline pembagian dividen temporer saham BBRI adalah sebagai berikut:

1. Pernyataan Jadwal juga Tata Cara Pembagian Dividen Interim 19 Desember 2023

2. Akhir Periode Perdagangan Saham dengan Hak Dividen Interim (cum Dividen):

a. Pasar Reguler juga Negosiasi 29 Desember 2023

b. Pasar Tunai 3 Januari 2024

3. Awal Perdagangan Saham Tanpa Hak Dividen Interim (ex Dividen):

a. Pasar Reguler juga Negosiasi 2 Januari 2024

b. Pasar Tunai 4 Januari 2024

4. Daftar Pemegang Saham yang dimaksud berhak Dividen Interim (recording date) 3 Januari 2024

5. Pembayaran Dividen Interim 18 Januari 2024

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button