Bisnis

Jokowi Bagi-bagi Bansos Sembako Tanpa Risma, Sri Mulyani Singgung Penanggung Jawab serta Eksekutor

Satelitemx.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir-akhir ini tampak asik membagikan bantuan sosial atau bansos kesejumlah publik yang tersebut ia kunjungi. Bansos yang disebutkan baik sebagai sembako ataupun uang tunai.

Tapi yang tersebut menarik Jokowi membagikan bansos yang dimaksud tanpa melibatkan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang dimaksud merupakan penanggung jawab pemberian bansos.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun menjelaskan, inisiatif bansos adalah amanat pada UU APBN yang dimaksud dibahas lalu disetujui secara bersama-sama antara pemerintah lalu DPR. Sehingga jikalau pemerintah menjalankan inisiatif bansos yang dimaksud sejenis sekadar telah dilakukan menggunakan uang APBN.

Sri Mulyani pun menunjukkan bansos terkait Proyek Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako atau Bantuan segera Tunai (BLT) merupakan tanggung jawab Kementerian Sosial, sehingga seharusnya penanggung jawab serta eksekutornya adalah kementerian tersebut.

“PKH dan juga Kartu Sembako itu eksekutornya adalah Kementerian Sosial, jadi pada hal ini Kementerian sosial yang mana menjelaskan PKH dan juga Kartu Sembako termasuk apakah ada tambahan atau modifikasi (program bansos) nanti Ibu Menteri Sosial yang mana menjelaskan,” kata Sri Mulyani di konferensi pers Komite Kelancaran Sistem Keuangan yang mana dilihat secara daring melalui kanal Youtube Kemenkeu, Selasa (30/1/2024).

Sementara untuk bantuan pangan atau beras, penanggung jawabnya adalah Bapanas atau Badan Pangan Nasional, tapi data penerima yang tersebut ditujukan untuk acara yang disebutkan harus mengacu pada data yang mana telah lama disepakati. Dalam arti ini data sanggup bersumber dari Angka Terpadu Keseimbangan Sosial (DTKS) atau Regsosek dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Eksekutornya PKH lalu Kartu Sembako adalah Kementerian Sosial, tapi kalau bantuan pangan merupakan beras eksekutornya Bapanas tapi datanya harus sesuai dengan yang mana disepakati,” katanya.

Baca Juga:  Ekonom Sebut Skema Power Wheeling Bisa Rugikan Rakyat

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button