Lifestyle

Jangan Sampai Terlambat, Hal ini Konsekuensi Jika NIK juga NPWP Tidak Dipadankan

Satelitemx.net – Proses pemadanan NIK lalu NPWP terus dilanjutkan, dan juga himbauan dari lembaga terkait juga terus disuarakan. Periode pemadanan ini akan diakhiri pada 31 Desember nanti, sesuai dengan PMK Nomor 112 Tahun 2022. Anda sebagai wajib pajak, harus paham dampak jikalau tidak ada padankan NIK serta NPWP.

Banyak orang yang digunakan berspekulasi mengenai risiko yang mana harus dihadapi oleh wajib pajak, kemudian bukan sedikit pula yang dimaksud memilih menyepelekannya serta belum melakukan pemadanan hingga ketika ini. Namun untuk lebih tinggi jarak jauh mengetahui konsekuensi yang digunakan harus dihadapi, cermati penjelasan berikut ini.

Wajib Melakukan Pemadanan NIK kemudian NPWP

Kewajiban ini diberikan pada wajib pajak pribadi pada negeri yang sudah pernah tercatat serta mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak. Disampaikan oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak, bahwa nantinya seluruh pelayanan DJP hanya saja dapat diakses menggunakan NIK.

Wajib pajak yang tersebut belum melakukan pemadanan NIK dengan NPWP hingga 31 Desember 2023 nanti, jikalau tidaklah ada perubahan, akan terkendala pada mengakses layanan perpajakan yang mensyaratkan NPWP, seperti pelaporan SPT serta kegiatan perpajakan lainnya.

Ketika akses pada layanan DJP terhambat, otomatis kewajiban dan juga hak perpajakan yang dimaksud dimiliki wajib pajak juga harus menggunakan layanan DJP juga akan terkendala.

Meski memang sebenarnya baru akan diterapkan secara penuh pada pertengahan tahun 2024 mendatang, namun DJP selaku lembaga paling berwenang menghadapi urusan ini terus menghimbau penduduk agar dapat melakukan pemadanan secepatnya, sebelum tenggat waktu yang dimaksud diberikan.

Persiapan Sistem juga Integrasi Berbagai Layanan

Dorongan dari sisi wajib pajak terus diberikan oleh DJP melalui berbagai himbauan kemudian sosialisasi. Di waktu bersamaan, petugas DJP lalu dinas terkait juga terus melakukan penyesuaian kemudian adaptasi pada masing-masing sistem sehingga semua dapat terhubung dengan coretax administration system.

Baca Juga:  Isu Pajak Kendaraan Bermotor Naik, Hal ini Kronologinya!

Integrasi ini diadakan dengan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan interoperabilitas antar sistem yang dimaksud ada pada berbagai sektor administrasi kenegaraan.

Hingga ketika ini tidak ada dapat dipastikan apakah periode pemadanan yang diselenggarakan akan diperpanjang atau tidak. Meski memang sebenarnya secara nyata implementasinya baru akan dilaksanakan pertengahan tahun 2024, namun himbauan tentang pemadanan sebaiknya dilaksanakan sebelum tanggal 31 Desember 2023 untuk menjaga agar gangguan tak terjadi.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button