Bisnis

Intip Proyek Lebih dari Rp300 Miliar yang tersebut Segera Digarap PTPP, Sudah Diresmikan Jokowi

Satelitemx.net – PT PP (Persero) Tbk (PTPP) secara resmi mengambil bagian menggarap proyek penting yang digunakan menjadi bagian dari pengerjaan infrastruktur di dalam Indonesia, yakni Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALDT) lalu tahap 1B & 1C dari Proyek Vital Nasional Makassar New Port (MNP) dalam Pusat Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kedua proyek ini mendapatkan kehormatan diresmikan segera oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

SPALDT, yang dimaksud juga dikenal sebagai IPAL Losari, merupakan proyek dalam bawah Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, dengan dukungan pendanaan dari Asian Development Bank (ADB).

Proyek ini memiliki nilai sebesar Rp282 miliar ditambah USD3,04 juta, dengan jangka waktu pelaksanaan selama 1.110 hari. Dengan luas lahan mencapai 2,37 hektare, SPALDT memiliki kapasitas mencapai 16 ribu meter kubik per hari, yang dimaksud diharapkan dapat melayani hingga 41 ribu Kepala Keluarga pada Daerah Perkotaan Makassar.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa SPALDT akan berkontribusi pada meningkatkan kualitas air tanah kemudian kemampuan fisik warga kota tersebut.

Selain itu, proyek MNP, didanai oleh Pelabuhan Indonesia (Pelindo), miliki nilai kontrak mencapai Rp2,95 triliun dengan masa pelaksanaan dari Maret 2019 hingga September 2023.

Proyek ini melibatkan penyelenggaraan dermaga seluas 1.280 meter persegi dengan luas kontainer yard mencapai 38 hektare, yang mana mampu menampung hingga 2,5 jt TEUS per tahun. Presiden Jokowi menekankan bahwa MNP akan meningkatkan efisiensi biaya logistik di tempat Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan bahwa kekuatan pelabuhan BUMN harus disatukan untuk menjadi pemain global, meningkatkan efisiensi, dan juga menurunkan biaya logistik nasional.

Proyek MNP diharapkan dapat terintegrasi dengan baik dengan kawasan lapangan usaha dan juga infrastruktur transportasi lainnya di dalam Sulsel, sehingga dapat menggerakkan peningkatan sektor ekonomi Indonesia secara signifikan.

Baca Juga:  Pabrik Ban di tempat Cikarang PHK Besar-Besaran, Begini Kata Kemnaker

Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad, menyampaikan harapannya bahwa penyelesaian kedua proyek yang dimaksud akan memberikan sumbangan besar bagi publik Makassar juga Sulawesi Selatan secara keseluruhan.

Saat ini, PTPP juga berada dalam menggarap proyek RSUPT Makassar, juga sudah menyelesaikan berbagai proyek infrastruktur penting lainnya di dalam wilayah tersebut, termasuk penyelenggaraan jalur kereta api dan juga pembangunan ekonomi pada perusahaan kereta api.

Related Articles

Back to top button