Olahraga

Indonesia Gelar Olahraga Air Kelas Dunia Wakefest 2023 di dalam Danau Tondano

SateliteMX.net – Kompetisi olahraga air berskala internasional, yakni Minahasa Wakefest 2023 akan berlangsung di area Danau Tondano, Minahasa,  pada 24-26 November 2023.

Kompetisi yang tersebut mengangkat tema “Lake Tondano Home For Everyone” ini calon diikuti peserta dari 13 negara juga diharapkan bisa jadi memangkat sektor pariwisata daerah tersebut.

Peluncuran acara itu dilaksanakan di dalam dalam sesi talkshow Weekly Brief with Sandiaga Uno (WBSU) yang disiarkan secara daring dari Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata juga Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (13/11/2023).

“Ini acara yang mana satu paket komplet. Acara sport-nya sukses, kami juga dapat memasarkan wisata Minahasa. Kami memilih tema ‘Lake Tondano, Home for Everyone’ adalah oleh sebab itu selling point kami adalah budaya lalu rakyat Minahasa,” kata Ketua Panitia Minahasa Wakefest 2023 Rio Dondokambey dalam keterangan tertulis.

Minahasa Wakefest 2023 merupakan acara resmi di tempat bawh International Waterski and Wakeboard Federation (IWWF). Ajang ini akan melombakan dua cabang olahraga air, yakni wakeboard lalu wakesurfs.

Menurut Rio Dondokambey, kedua olahraga air itu memang jarang diketahui oleh warga awam, tetapi sebenarnya sudah digemari di tempat Indonesia sejak tambahan dari 20 tahun lalu. Bahkan, Indonesia mempunyai atlet legendaris di dalam dua cabang olahraga tersebut.

“Di Sulawesi Utara banyak pemain yang tersebut berperan mempopulerkan olahraga ini sebenarnya. Memang, pada beberapa wilayah lain belum familiar tetapi Sulawesi Utara sendiri menjadi pemain yang mana cukup legendaris di area cabang olahraga ini,” kata Rio.

Ada perbedaan pada antara wakeboard serta wakesurfs. Wakeboard adalah kombinasi dari waterskiing, snowboarding, juga surfing. Pada kompetisi, setiap rider wakeboard diperbolehkan untuk menunjukkan rutinitas manuver yang tersebut mereka itu pilih.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo kemudian Sandiaga Uno Lari Pagi, Aldi Taher Hangatkan Suasana

Penilaian akan ditekankan pada eksekusi, intensitas, lalu komposisi. Rider diharapkan dapat menunjukkan manuver smooth, mengalir, dan juga dengan berbagai variasi trik. Semua harus dieksekusi dengan rapi serta setinggi mungkin dari permukaan air.

Sementara itu, wakesurfs adalah olahraga air pada mana rider menaiki selancar. Namun, saat memulai berselancar rider berpegangan pada sebuah tali penarik yang tersebut dikaitkan pada perahu. Setelah papan seluncur naik ke permukaan air, mereka itu melepaskan tali penari yang kemudian bebas berselancar.

Rio juga menjelaskan bahwa akan ada beberapa kategori yang dimaksud akan dipertandingkan dalam Minahasa Wakefest 2023. Pada cabang wakeboard terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, Advance Men and Women, Masters Men and Women, serta Open Men and Women.

Pada cabang wakesurfs, terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, serta Open Men lalu Women.

Menteri Pariwisata lalu Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pun menyambut baik acara Minahasa Wakefest 2023 ini.

“Kita doakan acara ini sukses serta mari kita sambut Minahasa Wakefest 2023. Junjung tinggi sportivitas, jaga kesehatan, dan juga utamakan keselamatan,” kata Sandi.

Selain menyajikan event olahraga wakeboard juga wakesurf, Minahasa Wakefest 2023 juga akan datang diisi dengan festival budaya, wisata kuliner, pameran suvenir, juga hiburan musik.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button