Lifestyle

IFW 2024 Ditutup Manis dengan Koleksi Warna-warni Khas Betawi

Satelitemx.net – JAKARTA – Pergelaran Indonesia Fashion Week 2024 ditutup manis dengan koleksi pakaian warna-warni bernuansa bunga khas budaya Betawi dari salah satu jenama lokal, Pendopo.

Sederet koleksi yang disebutkan ditampilkan pada Signature Show Kaleidoscope DKI Jakarta bersatu dengan Disparekraf lalu Dinas PPUKM DKI Jakarta, pada Minggu, (31/3/2024), pada Ibukota Indonesia Convention Center (JCC), Jakarta.

Baca Juga: Mendadak Jadi Model IFW 2024, Novia Bachmid Menunjukkan Atraktif di Balutan Dress Penuh Motif

Sesuai tema besar IFW 2024 , yakni Langgam Ibukota Teranyam, Pendopo menghadirkan sebuah koleksi pakaian yang kental dengan budaya Betawi.

Koleksi ini terinspirasi dari pertunjukkan Ondel-Ondel yang meriah, motif kembang khas corak batik Betawi, dan juga renda juga bordir khas kebaya encim.

Tema Pencak Warna Betawi yang diangkat Pendopo diambil dari tiga kata dasar. Dimulai dari ‘pencak’, yang digunakan berasal dari kata pencak silat, sebuah seni bela diri serta tari yang menuntut keselarasan, keseimbangan, serta keserasian antara wirama (irama), wiraga (keterampilan gerak), juga wirasa (hati).

Kemudian kata ‘warna’ sebagai perlambang warna-wami cerah yang muda, serta kata ‘Betawi’ yaitu suku bangsa asli area Jakarta, sebagian Jawa Barat, juga Banten.

“Secara keseluruhan, Pencak Warna Betawi berarti sebuah koleksi tentang keselarasan, keseimbangan, kemudian keserasian warna-warni cerah khas Budaya Betawi,” ujar Direktur Pendopo, Tasya Widya Krisnadi, pada keterangan tertulisnya.

Koleksi Pencak Warna Betawi terdiri dari sembilan looks atau rancangan, yaitu tujuh looks wanita lalu dua looks pria, yang mana hadir di berbagai warna cerah lalu meriah.

Selain itu, seluruh looks yang ditampilkan juga bisa jadi dipakai terpisah kemudian dipadu-padankan dengan pakaian sehari-hari untuk sekadar hang out, pakaian untuk bekerja, maupun pakaian formal untuk mengunjungi berbagai acara serta pesta.

Baca Juga:  5 Potret Fedi Nuril, Artis yang digunakan Terang-Terangan Tolak Prabowo Subianto Jadi Presiden Hingga Singgung Penculikan 1998

Related Articles

Back to top button