Nasional

Hasto Bantah Pertemuan Mahfud kemudian Pratikno Bahas Pengunduran Diri dari Menko Polhukam

Satelitemx.net – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto membantah kabar bahwa pertemuan calon delegasi presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendiskusikan pengunduran diri sebagai Menteri Koordinator Area Politik Hukum kemudian Ketenteraman (Menko Polhukam).

Awalnya, Hasto mengonfirmasi bahwa memang benar ada pertemuan antara Mahfud MD serta Pratikno. Namun, beliau menjelaskan bahwa konferensi itu cuma sekadar rutinitas dia sebagai menteri pada Kabinet Indonesia Maju.

“Sesama menteri kan terus melakukan koordinasi kemudian pertemuan itu merupakan hal yang mana biasa dilakukan,” kata Hasto dalam Industri Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD, DKI Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

“Sehingga tadi di malam hari telah dilakukan dijalankan pertemuan dan juga hasil rapat itu tentu kita tindaklanjuti bersama-sama dengan Prof Mahfud,” tambah dia.

Mengenai kabar mundurnya Mahfud dari kabinet Presiden Joko Widodo, Hasto menegaskan hal itu sudah ada lama disepakati antara Ganjar lalu Mahfud.

Rencana itu, lanjut dia, juga telah disetujui oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Terkait dengan mundurnya Prof Mahfud sebenarnya sudah ada dirancang antara Pak Ganjar Pranowo dan juga Prof Mahfud MD sama-sama dengan partai urusan politik pengusungnya, PDI Perjuangan, PPP, Perindo, kemudian Hanura di dalam di rapat dengan TPN beberapa waktu yang lalu,” tutur Hasto.

Sebelumnya, beredar isu mengenai Mahfud MD yang digunakan telah dilakukan menemui Pratikno pada Awal Minggu (29/1/2024) malam. Pratikno membenarkan kabar tersebut.

“Iya benar (bertemu),” kata Pratikno ketika dikonfirmasi Suara.com, Selasa (30/1/2024).

Namun, Pratikno belum menjelaskan lebih tinggi lanjut tujuan Mahfud menemuinya pada Awal Minggu di malam hari itu. Secara aturan, menteri harus menemui Mensesneg terlebih dahulu apabila memutuskan untuk mengundurkan diri.

Baca Juga:  Debat Greenflation Gibran Rakabuming Dan Mahfud MD Berujung Saling Sindir: Ngawur

Biasanya, dia yang digunakan hendak mengundurkan diri akan menyerahkan surat resmi hingga akhirnya sanggup bertemu dengan Jokowi.

Di pada waktu yang mana bersamaan, beredar kabar Mahfud telah membereskan barang-barangnya di area kantor Kemenko Polhukam.

Selain itu, Mahfud juga disebut sudah ada menemui Pratikno untuk menyerahkan surat pengunduran diri.

Saat ini, cawapres pendamping capres Ganjar Pranowo yang dimaksud berada dalam mengawaitu untuk sanggup bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button