Lifestyle

Harta Kekayaan Mendiang Ki Joko Bodo yang digunakan Buatkan Candi untuk Anak

SateliteMX.net – Ki Joko Bodo tengah kembali menjadi sorotan. Tepatnya usai salah satu akun X kembali mengunggah candi yang dibuat mantan paranormal itu untuk anaknya, Sasti. Ribuan warganet pun ramai memuji perilaku manis tersebut.

“Demi apapun gue liat ada orang namanya mba sasti di dalam tiktok literally DIBUATIN candi sebanding bapaknya. terus gue baru tau kalo bapaknya mba sasti itu.. ki joko bodo..,” tulis akun tersebut.

Hal itu lantas kembali menimbulkan masyarakat penasaran dengan kekayaan Ki Joko Bodo. Sebelum meninggal pada 22 November 2022 lalu, ia memang populer sebagai paranormal ternama. Berikut informasi mengenai hartanya.

Harta Kekayaan Ki Joko Bodo

Ki Joko Bodo dikenal sebagai salah satu paranormal terkemuka dalam Indonesia. Dari sini, tentu banyak kekayaan yang digunakan telah terjadi dihasilkan sebelum hijrah pada  2018. Di mana ia memilih beraktivitas menjadi pemandu wisata rohani.

Selama menjadi paranormal, Ki Joko Bodo menerima bayaran yang digunakan cukup mahal. Adapun nominalnya diketahui bisa jadi mencapai ratusan jt hingga miliaran rupiah. Sebab, para kliennya sendiri berasal dari kelas “kakap”.

Tidak diketahui berapa besaran harta yang tersebut dimiliki Ki Joko Bodo. Namun, beberapa asetnya sempat terungkap, seperti rumah yang mana diberi nama ‘Istana Wong Sintinx’. Rumah ini populer oleh sebab itu bentuknya yang dimaksud unik serta tampak seram.

Ki Joko Bodo juga mengoleksi mobil untuk meningkatkan prestise dalam depan kliennya. Koleksi itu terdiri Mercedes Benz SLK 250 keluaran tahun 2012 senilai Rp1 miliar. Lalu, ada yang tambahan mahal, yakni Ferrari sebesar Rp 3 miliar.

Selanjutnya, ada mobil Hummer yang mana dengan harga jual sekitar Rp900 jt hingga miliaran. Selain itu, Ki Joko Bodo juga miliki prasasti tentang peristiwa bersejarah lalu lumbung tempat pertemuan, serta panggung pengajian.

Baca Juga:  Bebas Was-Was Saat Nonton Konser di dalam Luar Negeri, Pastikan 5 Hal Ini adalah Sudah Dipersiapkan

Seluruh kekayaan itu diketahui bernilai fantastis. Hal inilah yang dimaksud menghasilkan keluarga besarnya sempat memperebutkan harta warisan tersebut. Mantan paranormal ini meninggalkan 4 istri dan juga 10 orang anak.

Di sisi lain, terkait candi yang mana kembali ramai dibahas, Ki Joko Bodo pernah menggunggahnya melalui akun Instagram @kibodo_62. Ia mengatakan, bangunan yang disebut memang sengaja dibuat untuk istri dan juga anak-anaknya.

“Dahulu saya adalah orang pemimpi yang ingin menghasilkan apa pun. Dengan tekad serta usaha, candi ini menjadi salah satu karya yang tersebut saya persembahkan untuk Istri saya, Imah. Anak-anak saya, Iven, Refo, Sasti, lalu Relic. Serta untuk negara ini,” tulis Ki Joko Bodo pada 17 Januari 2022.

Sasti sendiri menjelaskan makna pembuatan candi melalui akun TikTok-nya, @sasfly. Ia menunjukkan candi yang tersebut sempat dibuat oleh Ki Joko Bodo dan juga menceritakan perjuangan sang ayah yang terukir pada candi itu.

Sasti mengatakan Ki Joko Bodo sempat dipenjara akibat merebut ibunya yang sudah bertunangan. Ayahnya itu bahkan pernah menjadi pengamen dan juga tinggal di area anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akibat tak mempunyai uang.

“Ayahku rela dipenjara dikarenakan dapetin ibuku yang mana udah tunangan. Didemo sebanding warga lantaran ngerebut ibuku, dikucilin, gak direstuin, jadi pengamen, tinggal di area anjungan tmii oleh sebab itu belum punya uang pas pindah ke Jakarta. Sejarah perjuangannya diabadikan lewat ukiran pada tembok rumah,” tulis Sasti dalam video TikTok.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button