Nasional

Halaqah Kebangsaan di tempat Bangil, Mahfud MD Dorong Proyek Kemakmuran untuk Semua Guru Agama

Satelitemx.net – PASURUAN – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD mengunjungi Halaqah Kebangsaan di area Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Tauhid Canga’an Bangil, Kota Pasuruan, Jawa Timur, hari terakhir pekan (12/1/2024).

Dalam sambutannya, Mahfud memaparkan bahwa acara yang tersebut diusungnya bersatu Capres Ganjar Pranowo tentang kesejahteraan guru ngaji, madrasah, kemudian marbot. Inisiatif itu nantinya bukanlah semata-mata diperuntukkan untuk guru agama Islam tapi semua agama.

“Kalau ada spesifikasinya sama, agama ya misalnya agama Hindu, mengajar ya. Mengajar kok dengan pengabdian tak ada yang tersebut gaji, ya kita bayar,” ujar Mahfud.

Mahfud MD menjelaskan nantinya akan ada proses pendataan untuk guru agama, berdasarkan durasi bekerja selama di satu pekan. Sehingga nantinya guru keagamaan yang tersebut belum digaji akan dicover oleh pemerintah.

“Yang penting ada datanya mengajar di tempat mana, berapa jam seminggu, penghasilan minimal yang digunakan harus diberikan berapa. Kristen misalnya, sama. Kalau ada di dalam sekolah-sekolahan Kristen begitu lalu bukan ada yang mana gaji, kita daftarkan. Meskipun biasanya kalau Kristen dananya sudah ada diatur ya, untuk setiap misionaris telah ada,” jelas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Sebagai informasi, inisiatif kesejahteraan guru keagamaan dari Ganjar-Mahfud ini bertujuan memberikan bantuan finansial terhadap seluruh guru ngaji juga guru keagamaan dari berbagai keyakinan agama. Termasuk Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, juga agama lainnya

Ganjar-Mahfud memahami betul bahwa pelajaran agama serta akhlak juga penting, serupa dengan pelajaran akademis lainnya. Sehingga, perlu adanya dukungan untuk kegiatan belajar mengajar agama dimana para pengajar berperan penting pada dalamnya.

Sehingga, inisiatif ini diharapkan akan semakin menyokong semangat lalu motivasi para pengajar pada menyampaikan pelajaran agama dan juga akhlak yang dimaksud baik terhadap generasi muda Indonesia.

Baca Juga:  Aktor Kawakan Betawi Hal ini Minta Prabowo Hidupkan Kembali Kementerian Kebudayaan, Alasannya?

Melalui kegiatan ini, Ganjar-Mahfud ingin menghargai peran penting guru keagamaan di membimbing anak-anak di memahami nilai-nilai agama serta moral. Inisiatif ini juga diharapkan akan memberikan dampak positif di meningkatkan kualitas institusi belajar agama di dalam Tanah Air yang tentunya akan berjalan beriringan dengan meningkatnya kualitas SDM di tempat negeri ini.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button