Otomotif

Gelar Christmas E-Lifes pada Ambon, PT PLN Persero Lengkapi dengan Pameran Mobil Listrik untuk Tujuan Hal ini

Satelitemx.net – Libur Natal dan juga Tahun Baru atau Libur Nataru menjelang, sederet acara yang menghadirkan rakyat semakin dekat dengan sumber alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak atau BBM terus digalakkan. Antara lain pameran Christmas E-Lifes atau Christmas Electrifying Lifestyle di dalam Ambon, ibu kota Provinsi Maluku.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan juga Maluku Utara (UIW MMI) mengatur Christmas Electrifying Lifestyle (E-Lifes) pada 14- 15 Desember 2023 di tempat Unit Layanan Pelanggan (ULP) Daerah Perkotaan Ambon.

Tujuan penyelenggaraan pameran electrifying lifestyle ini untuk menghadirkan publik pada mengaplikasikan gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang mana bebas emisi juga ramah lingkungan.

Contoh recharging akumulator sepeda gowes motor listrik dalam SPKLU, yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].
Contoh recharging penyimpan daya kendaraan beroda dua motor listrik di area SPKLU, yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].

Semakin nyata dan juga dekat dengan keseharian, acara didukung pameran kendaraan listrik, dari mobil, motor, juga kendaraan beroda dua listrik, dengan harapan rakyat akan teredukasi pemahamannya serta semakin banyak yang mengubah gaya hidup konvensional menuju gaya hidup serba listrik.

Kendaraan listrik, utamanya mobil listrik mempunyai beberapa kategori. Antara lain hybrid atau PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) kemudian Battery Electric Vehicle (BEV). Dalam operasional berbeda keduanya memiliki peruntukan sama: meminimalkan kadar emisi gas buang dari sebuah kendaraan bermotor.

Dengan material bakar ramah lingkungan tadi, berbagai pihak–dalam hal ini, pada pameran adalah PT PLN (Persero)–mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission atau NZE 2060.

“Christmas E-lifes memadukan antara kemeriahan Natal juga Tahun Baru, juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), serta pemakaian Electrifying Lifestyle,” jelas Awat Tuhuloula, General Manager PLN UIW MMU pada akhir pekan lalu.

Christmas E-Lifes ini tak semata-mata memperkenalkan gaya hidup serba listrik, melainkan membuka ruang bagi pemangku kepentingan kemudian pelaku bisnis mengambil bagian di pameran itu.

Baca Juga:  Ingin Bawa Kucing untuk Temani Libur Nataru 2024? Begini Tips Jitu Agar Tetap Aman

Selain edukasi ke pelanggan warga juga berkesempatan untuk memperoleh permintaan komponen pokok menjauhi Natal kemudian tahun baru dengan tarif yang dimaksud lebih besar murah.

“Untuk melengkapi dekorasi Natal juga ada kerajinan tangan dari hasil lokal perajin di dalam Pulau Ambon yang ditawarkan,” tambah Awat Tuhuloula.

Pengunjung pameran juga disuguhkan berbagai kreativitas Generasi Millenial, mulai lomba mewarnai, menghias pohon Natal dan juga lagu rohani.

Disamping berupaya menggencarkan perangkat lunak PLN Mobile, kegiatan electrifying lifestyle juga masuk pada inisiatif prioritas untuk digalakkan, mengingat acara ini membantu misi otoritas pada berkontribusi menurunkan emisi lalu memberikan sumbangsih untuk mewujudkan target maupun komitmen NZE 2060.

“Kami perkenalkan terhadap pengunjung sehingga kegiatan ini dapat digaungkan secara lebih lanjut masif di tempat warga luas. Proyek ini kita upayakan berkelanjutan, sehingga implementasi dari transisi energi pada membantu green energy dapat direalisasikan,” tambah Awat Tuhuloula.

PLN juga mengupayakan penyelenggaraan prasarana pendukung kelistrikan, seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dapat digunakan secara meluas oleh rakyat umum,sehingga kesadaran publik tentang inisiatif electrifying lifestyle akan semakin meningkat.

Penyediaan SPKLU menjadi tolok ukur bahwa kendaraan listrik sudah ada mulai diminati dan juga mengalami perkembangan di dalam Maluku lalu Maluku Utara. Harapannya tentu semakin familiar sehingga pemakaian kendaraan Electric Vehicle atau EV semakin marak pada seluruh penjuru Tanah Air.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button