Nasional

Ganjar Pranowo Kagumi KRT Radjiman Widiyodiningrat sebagai Sosok yang mana Peduli Budaya Bangsa

Satelitemx.net – NGAWI – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengaku mengagumi sosok Dr KRT Radjiman Widiyodiningrat yang digunakan sangat peduli dengan kebudayaan bangsa.

Hal itu disampaikannya usai mengelilingi area Museum Roemah Voorzitter Van Het BPUPKI – Dr KRT Radjiman Widiyodiningrat pada Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).

“Yang menarik Dr Radjiman ini orang yang mana sangat peduli pada budaya kemudian pakar budaya bangsa sehingga beliau tuliskan bahwa apa pun kondisi Indonesia pada ketika itu dimana Eropa Belanda masuk yang dimaksud secara kebudayaan mempengaruhi, ia komunikasikan kita harus terus-menerus berpegang pada akar budaya,” ujar Ganjar.

“Itu ditunjukkan publik Jogja ternyata lantaran beliau dari sana lalu dalam sanalah beliau. Kemudian beliau meyakini bahwa ternyata publik Jogja itu kreatif. Dia mempertahankan budaya tapi tak pernah meninggalkan kemodernan dengan kearifan yang digunakan dimiliki maka belajarnya tinggi,” sambungnya.

Ganjar menjelaskan bahwa sosok KRT Radjiman merupakan anak seseorang kopral. Ia mengutip karya tulis KRT Radjiman berkaitan dengan anak siapa pun bisa saja menjadi apa pun.

Ganjar yang tersebut diusung Partai Perindo pun menyampaikan instruksi semangat bagi anak-anak muda agar tidak ada mudah menyerah. “Beliau anak orang kopral, tapi kalau mirip bapak saya masih lebih banyak tinggi bapak saya dan juga ia tuliskan di tempat dinding itu siapa pun bisa jadi menjadi manusia dokter. Jadi artinya siapa pun sanggup menjadi apa pun ini semangat untuk anak-anak muda agar tidaklah pernah menyerah,” tuturnya.

Pantauan MNC Portal Indonesia pada lokasi, Ganjar disambut penjaga museum selanjutnya berdialog sambil keliling mengamati karya tulis dari KRT Radjiman Widiyodiningrat. Ganjar pun terlihat membaca kemudian memotret karya tulis satu persatu.

Baca Juga:  Sosok Zack Lee Jowono, Disorot Gegara Nafa Urbach kemudian Nikita Mirzani Cekcok Kesulitan Capres

Selanjutnya, Ganjar menyambangi rumah yang digunakan sempat ditempati KRT Radjiman Widiyodiningrat dengan mengawasi kondisinya pada waktu ini.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button