Lifestyle

Fantastis, LMKN Mampu Himpun Royalti Rp55 Miliar pada 2023

Satelitemx.net – JAKARTA – Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN menjawab tudingan tiada transparan di hal laporan meng-collect royalti laporan royalti untuk para musisi.

Pihak LMKN pun angkat bicara menentang tudingan lalu memberikan beberapa bukti konkret dimana Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) dimana merek berhasil menghimpun royalti sepanjang tahun 2023 mencapai Rp55 miliar. Angka yang disebutkan masih sangat jauh dari pencapaian prestisius pengumpulan royalti yang digunakan mencapai hitungan sekitar 76 miliar pada tahun 2019 silam.

Waskito selaku Komisioner LMKN mengatakan, pencapaian royalti tahun 2023 bukan mampu melampaui perolehan royalti tahun 2019 dengan alasan adanya penyesuaian pasca pandemi sehingga sejumlah pihak yang digunakan mengajukan permohonan relaksasi. Salah satu yang mana minta relaksasi adalah lapangan usaha televisi.

“Televisi cuma Rp8,7 miliar. Hal ini kenapa sedikit, lantaran televisi minta relaksasi dikarenakan pandemi dan juga banyak pihak yang dimaksud akhirnya bergabung sehingga menghasilkan pendapatan berkurang,” kata Waskito pada jumpa pers di dalam kantor LMKN, Rasuna Said DKI Jakarta Selatan, Rabu (17/1).

Selain itu, nomor royalti tahun 2023 belum dapat melampaui pencapaian perolehan royati tahun 2019 silam juga oleh sebab itu sejumlah yang dimaksud bukan patuh pada hal pembayaran sesuai aturan yang digunakan telah terjadi ditetapkan.

Dia pun mengatakan pembayaran royalti dari bioskop jumlahnya sangat kecil semata-mata sekitar 14,4 jt sepanjang tahun 2023 padahal bioskop cukup cepat melakukan recovery pasca pandemi.

Selain itu, pembayaran royalti juga sangat kecil dari nada tunggu telepon cuma sekitar Rp1,8 jt selama tahun 2023. Angka ini jarak jauh lebih lanjut kecil dari pembayaran royalti acara seminar yang tersebut mampu mengantongi royalti sebesar Rp8 juta. “Tempat reakreasi juga kecil semata-mata Rp43 juta. Padahal kita tahu tempat rekreasi selalu menggunakan lagu,” tuturnya.

Baca Juga:  Rode Winkel ubah citra Toko Merah jadi kafe mewah

Adapun pendapatan royalti tahun 2023 yang juga disorot adalah dari tempat hiburan waktu malam dimana royalti yang dibayarkan cuma sekitar 191 juta. “Dari radio seluruh Indonesia royalti yang tersebut dibayarkan cuma Rp144 jt padahal pemakaian lagu dalam radio cukup masif,” paparnya.

Dharma Oratmangun, Ketua LMKN juga mengumumkan hasil penghimpunan royalti periode tahun 2023 sebesar Rp55.151.768.212, sementara pembayaran royalti yang digunakan sedang pada proses pembayaran sebesar Rp20.765.952.588.

“Royalti yang tersebut terkumpul ini didistribusikan untuk para pemilik hak melalui LMK-LMK yang mana telah terjadi memperoleh izin operasional,” kata Dharma.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button