Bisnis

Ekonom Skor Efek Boikot Bisa Picu PHK

Satelitemx.net – Gejolak boikot barang masih terus terjadi di dalam berbagai dunia. Bahkan, beberapa brand telah terjadi mengklaim berbagai mengalami kerugian berhadapan dengan aksi boikot tersebut.

Direktur Eksekutif Segara Research Institute, Piter Abdullah Redjalam menilai bahwa aksi penolakan barang pro negara Israel merupakan langkah urusan politik juga bukanlah langkah ekonomi, sehingga memerlukan arahan yang tersebut jelas dari pemerintah.

“Dalam hal ini, kita butuh diperkenalkan negara. Negara harus menyatakan mana yang dimaksud diboikot, mengapa dia diboikot. Kita harus punya deskripsi jelas lalu tidak ada menghakimi seenaknya. Apalagi ada perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengan Amerika yang tersebut sebenarnya produk-produk lokal serta diciptakan oleh orang lokal,” ujar Piter seperti dikutipkan dari Podcast Kasisolusi, Selasa (19/12/2023).

Piter melanjutkan,penting bagi penduduk untuk memahami secara jelas kebenaran kemudian sumber fakta dari daftar produk-produk yang tersebut diboikot dan juga mengingatkan berbagai gerai-gerai multinasional di dalam Indonesia yang tersebut dimiliki oleh orang Indonesia asli serta menjalankan seluruh kegiatan operasionalnya di dalam di negeri, termasuk menggunakan pemasok materi baku (supplier) lokal.

“Dalam pengertian ekonomi, boikot itu lebih banyak sejumlah mudharatnya untuk Indonesia jika dibandingkan Israel. Konsekuensi untuk Indonesia itu secara langsung dirasakan khususnya bagi mereka yang tersebut bekerja pada perusahaan yang mana diboikot lalu para supplier,” jelas dia.

Piter mengatakan, aksi boikot yang digunakan tidak ada terarah dapat memicu risiko PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). oleh oleh sebab itu itu pemerintah perlu hadir untuk melakukan tindakan mitigasi juga melindungi para pekerja Indonesia.

Terlepas dari efek domino penolakan item yang dimaksud dituduh terafiliasi dengan Israel, beberapa pihak beranggapan bahwa UMKM dapat menerima mereka yang terdampak PHK serta kemungkinan PHK yang dimaksud kemungkinan besar akan terjadi pada depan dapat diselesaikan dengan penyerapan tenaga kerja ke sektor UMKM.

Baca Juga:  PBNU Sebut Aksi Boikot Produk Israel Sudah Mulai Dirasakan, Tapi Tidak Cukup Hentikan Serangan di dalam Gaza

Namun, apabila dilihat secara keseluruhan, UMKM juga merupakan pihak yang mana terdampak sebab merupakan bagian dari supply chain yang mana terbentuk di habitat industri perusahaan multinasional.

Sebab itu, Piter memohonkan pemerintah hadir lalu memberikan solusi. Caranya dengan memberikan kejelasan informasi mengenai perusahaan apa belaka yang dimaksud terbukti serta tidak ada terbukti terafiliasi dengan Israel.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button