Kesehatan

Dokter Ungkap yang Terjadi Pada Jantung saat Sakit Diabetes: Berisiko Kematian

SateliteMX.net – Komplikasi diabetes adalah kondisi yang dimaksud sangat ditakutkan, dikarenakan bisa saja meningkatkan risiko kematian. Salah satunya penyakit jantung saat gula darah tinggi.

Menyeramkannya, Dokter Spesialis Jantung kemudian Pembuluh Darah Eka Hospital BSD, dr. Bayushi Eka Putra, Sp.JP, FIHA menjelaskan orang dengan diabetes berisiko 4 kali lipat sakit jantung.

“Diketahui bahwa kadar gula darah yang digunakan tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung 2 hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tersebut sehat,” ujar dr. Bayushi melalui rilis Eka Hospital Group yang digunakan diterima suara.com, Senin (6/11/2023).

Menurut dr. Bayushi, kondisi ini terjadi oleh sebab itu kadar gula yang digunakan mengendap dalam darah bisa saja merusak pembuluh darah, serta meningkatkan risiko terbentuknya plak darah yang mana sanggup menyumbat aliran darah.

Ilustrask gula darah tinggi pada penderita diabetes (freepik)
Ilustrask gula darah tinggi pada penderita diabetes (freepik)

“Pembentukan plak pada pembuluh darah dapat memicu berbagai penyakit jantung koroner atau PJK, yaitu penyakit jantung yang mana disebabkan sebab otot jantung kekurangan suplai darah, akibat dari penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner,” papar dr. Bayushi.

Dampaknya, lapisan dinding pembuluh darah mengalami kerusakan oleh sebab itu adanya plak yang tersebut terbentuk dari kolesterol. Inilah sebabnya penyakit jantung, jadi salah satu risiko penyebab kematian pada pasien diabetes.

“Oleh sebab itu, komplikasi pada jantung menjadi hal yang mana paling berisiko dalam penyakit diabetes,” jelas dr. Bayushi.

Apalagi kata dr. Bayushi, diabetes adalah salah satu penyakit yang mana tidaklah dapat disembuhkan sepenuhnya. Sehingga menurutnya, cara terbaik untuk terhindar dari diabetes adalah mencegahnya sebelum diabetes muncul.

Berikut ini cara mencegah penyakit diabetes muncul:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas menjadi salah satu faktor risiko yang dimaksud paling tinggi untuk menyebabkan diabetes pada seseorang. Mengelola berat badan secara ideal dapat dilaksanakan dengan menjaga pola makan lalu perbanyak aktivitas fisik.

Baca Juga:  Terapi Autologus Stem Cell Terbukti Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

2. Membatasi Asupan Gula Harian

Asupan gula yang mana terlalu sering dapat menyebabkan tubuh terlalu sering memproduksi insulin yang digunakan dapat mengakibatkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

“Batasi gula sebanyak 50 gram atau 4 sendok makan dalam sehari sehingga tubuh tidaklah mendapatkan asupan gula berlebih,” jelas dr.Bayushi.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran kemudian Buah

Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar mampu menjaga kadar gula dalam dalam darah.

4. Biasakan Diri Berolahraga

Olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari, hal ini untuk membantu membakar kandungan gula berlebih dalam darah sehingga pemanfaatan insulin untuk mengubah gula menjadi energi juga menjadi tambahan efisien untuk tubuh. 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button