Nasional

Demo Minta PSU Berujung Ricuh, Kantor KPU Yahukimo Diserang Massa Pendukung Caleg, 1 PNS Terluka!

Satelitemx.net – Sekelompok pendukung calon anggota legislatif atau caleg menyerang Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yahukimo, Papua Pegunungan, Mingguan (3/3/2024)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan perkembangan penyerangan ini terjadi sekitar pukul 18.16 WIT. Massa pendukung salah satu caleg yang dimaksud melakukan penyerangan usai mengadakan aksi unjuk rasa memohonkan Pemungutan Suara Ulang atau PSU.

“Kejadian bermula ketika salah satu perwakilan Partai selesai menyampaikan hasil mediasi dengan pihak KPU Daerah Yahukimo terhadap massa pendemo,” kata Benny untuk wartawan, Mulai Pekan (4/3/2024).

Menurut Benny, massa pendukung salah satu caleg yang disebutkan melakukan penyerangan dengan cara melempari batu ke arah aparat gabungan TNI-Polri yang digunakan berjaga pada sekitar Kantor KPU Kota Yahukimo. Selanjutnya aparat gabungan TNI-Polri melesatkan tembakan peringatan tegas untuk membubarkan massa.

“Personel gabungan yang berjaga dipintu masuk segera melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan tembakan peringatan serius untuk membubarkan massa,” ungkapnya.

Dalam kejadian penyerangan ini, lanjut Benny, satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) bernama Harun Seip (36) terluka akibat terkena lemparan batu. Kekinian korban berada dalam menjalani perawatan akibat luka sobek dalam bagian kepala.

“Korban sudah pernah dievakuasi menuju RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan lebih besar lanjut,” jelasnya.

Sementara Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto mengatakan aparat gabungan TNI-Polri hingga kekinian masih bersiaga di area sekitar Kantor KPU Kota Yahukimo. Mereka disiagakan untuk mengantisipasi adanya aksi serangan lanjutan.

“Saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamanan di dalam Kantor KPU Yahukimo kemudian melaksanakan patroli pada seputaran Perkotaan Dekai untuk mengurangi adanya serangan susulan dari massa pendemo,” pungkasnya.

Baca Juga:  Wapres Bertolak ke Kendari pada Hari Pemberitahuan Pemenang pemilihan raya 2024

Related Articles

Back to top button