Bisnis

Dampak Buruk Penggunaan Kampas Rem Palsu Terhadap Sepeda Motor

SateliteMX.net – Kampas rem merupakan komponen yang mana miliki tugas untuk menekan piringan cakram atau tromol untuk menghentikan laju sepeda motor. Gesekan yang tersebut terjadi ini menyebabkan kampas rem semakin lama akan semakin menipis, sehingga perlu diganti. 

Namun dalam memilih kampas rem, sebaiknya wajib harus berhati-hati. Karena faktanya banyak kampas rem palsu yang dimaksud juga beredar di area pasaran.

Ciri kampas rem palsu biasanya menawarkan tarif diskon dibandingkan denga harga jual pada bengkel resmi.

Selain tiada akan dapat bekerja optimal, kampas rem palsu juga akan meberikan dampak negatif terhadap sepeda motor. Meansir laman Wahana Honda, Senin (20/11/2023), berikut dampak buruk menggunakan kampas rem palsu:

Cakram Motor Cepat Aus

Karena memiliki struktur material yang mana tambahan keras dibandingkan kampas rem original, maka kampas rem palsu dapat menyebabkan piringan cakram terkikis. Hal ini disebabkan oleh sebab itu ketegangan yang digunakan terjadi antara kampas rem dengan cakram. Anda mungkin akan merasa kampas rem lebih lanjut awet tetapi Anda harus merelakan piringan cakram kendaraan yang aus.

Menimbulkan Suara Bising saat Pengereman

Gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem palsu yang digunakan miliki jenis material bukan standar atau dianggap lebih besar keras menyebabkan bunyi abnormal pada saat pengereman. Hal ini mungkin akan mengganggu Anda ketika berkendara.

Rem Kurang Pakem

Kampas rem palsu mungkin akan akan lebih banyak awet dibandingkan dengan kampas rem genuine atau originalnya. Namun, kendati material kampas rem palsu lebih besar keras tetapi tingkat kepakeman kampas rem palsu tak sebaik kampas rem original.

Kampas rem ori yang dimaksud cenderung lebih besar empuk dapat bekerja dengan optimal dengan memberikan daya cengkram ke cakram yang tersebut lebih besar baik pada saat pengereman berlangsung.

Baca Juga:  Daftar Jajaran Layanan Baru yang tersebut Siap Melantai di dalam IIMS 2024

Demikian dampak buruk menggunakan kampas rem palsu terhadap sepeda motor.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button