Otomotif

Daftar Mobil Listrik Terlaris di area Indonesia, Siapa Juaranya?

Satelitemx.net – JAKARTA – Puluhan model mobil listrik telah lama resmi mengaspal pada Indonesia. Baik mobil listrik jika pabrikan China, Negeri Matahari Terbit maupun Eropa.

Ditunjang dengan banyaknya pilihan, insentif pemerintah, juga ekosistem kendaraan ramah lingkungan yang dimaksud semakin baik, bilangan perdagangan mobil listrik pun merangkak naik. Sepanjang 2023, total total transaksi jual beli mobil listrik di tempat tanah air mencapai 17.062 unit. Fakta yang dimaksud berdasarkan catatan transaksi jual beli wholesales alias pengiriman dari pabrik ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sementara untuk mobil listrik terlaris sepanjang 2023 di area Indonesia, Gaikindo mencatatkan Hyundai Ioniq 6 di area kedudukan teratas dengan transaksi jual beli wholesales 7.176 unit. Hal ini sangat menarik, mengingat mobil listrik berjenis SUV ini dibanderol dengan nilai tukar tinggi.

Sementara itu dalam kedudukan kedua bertengger Wuling Air ev yang tersebut mencatatkan perdagangan 5.575 unit. Uniknya, Wuling BinguoEV yang digunakan resmi dijual pada awal Desember 2023, menempati urutan ketiga dengan distribusi mencapai 1.393 unit.

Namun, hal yang dimaksud lumrah terjadi pada setiap mobil baru. Mengingat pabrikan akan menyalurkan sejumlah unit demi memenuhi keinginan diler. Mengingat, pemesanan BinguoEV juga telah mencapai ribuan unit.

Pada sikap berikutnya dihuni oleh mobil listrik dengan syarat Eropa, BMW iX yang terdistribusi sebanyak 615 unit. Mobil yang dimaksud masuk pada golongan premium itu berhasil memikat hati konsumen Indonesia dengan desain juga performa yang mana ditawarkan.

Selanjutnya, Toyota bZ4X mengisi tempat kelima dengan perdagangan wholesales sebesar 479 unit. Mobil listrik selama Negeri Sakura itu dihadiri oleh oleh Hyundai Ioniq 6 dengan mencatatkan distribusi sebesar 263 unit.

Baca Juga:  Diperdebatkan Gibran serta Cak Imin, Hal ini Kelemahan Baterai Nikel berbeda dengan LFP

Secara keseluruhan, perdagangan mobil listrik masih belum mampu menyaingi mobil berbahan bakar fosil. Bahkan, nomor penjualannya masih terpaut sangat dari mobil hybrid yang mencatatkan penjualam lebih lanjut dari 54 ribu unit pada Januari-Desember 2023.

Berikut daftar mobil listrik terlaris pada Indonesia sepanjang 2023:

1. Hyundai Ioniq 5: 7.176 unit

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button