Teknologi

Daftar Lengkap Pemenang Mobile Legends World Championship M1-M5, Ada Indonesia!

Satelitemx.net – Mobile Legends World Championship atau MLBB World Championship adalah pertandingan Mobile Legends paling bergengsi dalam dunia, di tempat mana sejumlah pasukan Esports saling adu keterampilan pada menguasai hero di area game besutan Moonton tersebut.

MLBB World Championship pertama kali diselenggarakan pada 2019, yang tersebut lebih tinggi dikenal sebagai M1. Hingga kini, turnamen yang dimaksud sudah pernah menorehkan juara baru pada kejuaraan M5 yang mana dilakukan pada 2 Desember 2023.

Sejauh ini, baru dua negara yang dimaksud menjadi juara, yaitu Indonesia juga Filipina. Berikut ini daftar lengkap pemenang Mobile Legends World Championship:

Tim esports Indonesia Evos Legends mengangkat trofi usai menjuarai juara dunia Mobile Legends M1 World Championship di area Kuala Lumpur, Malaysia, Hari Minggu (17/11/2019). (instagram.com/mpl.id.official)
Tim esports Indonesia Evos Legends mengangkat trofi usai menjuarai juara dunia Mobile Legends M1 World Championship dalam Kuala Lumpur, Malaysia, Akhir Pekan (17/11/2019). (instagram.com/mpl.id.official)

1. EVOS Legends (Indonesia)

EVOS Legends berhasil menjadi juara pada M1 World Championship yang dilakukan Moonton pada 2019 di area Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam pertandingan tersebut, sebanyak 16 regu terbaik Mobile Legends berkompetisi merebut medali.

Indonesia berhasil mendominasi turnamen, dengan EVOS Legends kemudian RRQ Hoshi akhirnya berhadapan di dalam grand final. Pertarungan antara kedua pasukan berlangsung seru, namun EVOS Legends bertahan lalu menjadi pemenang MLBB World Championship pertama, menghadirkan pulang hadiah uang sebesar 250.000 dolar AS.

Bren Esports jadi juara di dalam M2 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)
Bren Esports jadi juara dalam M2 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)

2. Bren Esports (Filipina)

Bren Esports menjadi juara pada kompetisi M2 World Championship yang diselenggarakan pada Januari 2021. Meskipun kala itu dunia sedang terguncang akibat Covid-19, hingga menghasilkan Moonton harus melakukan penyesuaian tertentu.

Awalnya, kompetisi ini direncanakan diadakan di area Jakarta, Indonesia pada November 2020. Namun, diundur menjadi Januari 2021 pada Singapura tanpa dihadiri oleh penonton langsung.

Walau begitu, sebanyak 12 pasukan Esports Mobile Legends sangat bersemangat. Pada akhirnya, Bren Esports dari Filipina yang dimaksud meninggalkan sebagai pemenang setelahnya mengalahkan Burmese Ghouls dari Myanmar.

Baca Juga:  6 Hero Tank Paling Rendah di dalam Mobile Legends, Gatotkaca Salah Satunya
Blacklist International juarai M3 World Championship. (MOONTON Games)
Blacklist International juarai M3 World Championship. (MOONTON Games)

3. Blacklist International (Filipina)

Blacklist International menjadi juara di M3 World Championship pada Desember 2021. Kejuaraan ini kembali diadakan dalam Singapura dengan sebanyak 16 kelompok berpartisipasi. Total hadiah yang dimaksud diperebutkan sebanyak 800.000 dolar Amerika Serikat untuk kejuaraan kali ini.

Dalam laga ini, dua duta Filipina yaitu ONIC PH juga Blacklist International berhasil menorehkan prestasi pasca masing-masing berhasil lolos ke upper bracket serta lower bracket.

Pada akhirnya, Blacklist International mengalahkan ONIC PH pada grand final dengan skor 4-0.

Echo selaku juara berhak mendapatkan hadiah M4 World Championship sebesar 300.000 Dolar Amerika Serikat (Rp 4,5 miliar) dari total hadiah 800.000 Dolar Amerika Serikat atau Simbol Rupiah 12 miliar. [Facebook ECHO]
Echo selaku juara berhak mendapatkan hadiah M4 World Championship sebesar 300.000 Dolar Amerika Serikat (Rp 4,5 miliar) dari total hadiah 800.000 Dolar Amerika Serikat atau Rupiah 12 miliar. [Facebook ECHO]

4. ECHO (Filipina)

Filipina kembali menorehkan juara yang tersebut berbeda pada pertandingan M4 World Championship pada Januari 2023 yang digunakan diselenggarakan pada Indonesia.

Sebanyak 16 pasukan Esports bertarung memperebutkan hadiah sebesar 800.000 dolar AS. ECHO akhirnya mengalahkan Blacklist International pada sesi grand final.

Pertandingan ini juga menjadi momen bersejarah dan juga Esports Mobile Legends oleh sebab itu Karl “KarlTzy” Nepomuceno menjadi pemain pertama yang tersebut mengungguli M-series dua kali pasca kemenangannya pada M2 World Championship.

Grand Final M5 World Championship Mobile Legends, Onic vs APBR. [Facebook MLBB Esports Official]
Grand Final M5 World Championship Mobile Legends, Onic vs APBR. [Facebook MLBB Esports Official]

5. AP Bren (Filipina)

AP Bren menjadi juara M5 World Championship pada Desember 2023. Kali ini, pertandingan yang dimaksud diselenggarakan pada Filipina juga sebanyak 16 regu kembali bersaing untuk bertarung memperebutkan hadiah sebesar 900.000 dolar AS.

AP Bren akhirnya mengalahkan ONIC Esports di area fase grand final dengan skor 4-3.

Itulah daftar lengkap pemenang MLBB World Championship dari tahun ke tahun yang dimaksud lebih lanjut didominasi oleh Filipina sebagai juara.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button