Olahraga

Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Opsi Kiper Kelas Global

Satelitemx.net – JAKARTA – Pesepak bola keturunan Indonesia, Cyrus Margono , telah dilakukan resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI). Status itu didapatnya pasca mengambil sumpah di dalam Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan juga Ham (Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Pengambilan sumpah WNI oleh Cyrus diadakan sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, beliau datang pada pukul 08.15 Waktu Indonesia Barat dengan sang Ayah, Johan Margono, lalu Staf Khusus Kemenpora Lingkup Diaspora lalu Kepemudaan, Hamdan Hamedan.

Sumpah WNI dari Cyrus diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, beliau dibacakan Keppres RI tentang pengangkatan WNI.

Selepas itu, kiper berusia 22 tahun yang dimaksud membacakan sumpah WNI-nya. Hal itu dilakukann berdasarkan kepercayaan yang dimaksud dianut olehnya.

“Demi Tuhan yang tersebut Maha Esa, saya menyatakan juga berjanji dengan sungguh-sungguh,” ucap Cyrus yang dimaksud mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Opsi Kiper Kelas Dunia

“Melepaskan, seluruh kesetiaan setia untuk kekuasaan hati, dengan ini tunduk juga setia terhadap NKRI, Pancasila, serta undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” lanjutnya.

“Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh juga akan menjalankan, kewajiban, yang mana dibebankan negara terhadap saya, dengan tulus kemudian ikhlas,” tuturnya.

Sebagai informasi, Cyrus tidaklah akan menjalani proses naturalisasi. Melainkan, kiper berpostur 191 cm itu hanya sekali tinggal diberikan status sebagai WNI saja.

Cyrus menjadi WNI melalui jalur SKIM (Surat Keterangan Keimigrasian) oleh sebab itu pernah melepas status WNI-nya. Ayahnya sendiri merupakan orang asli Indonesia sedangkan ibunya merupakan warga negara Iran.

Kehadiran Cyrus tentu menjadi kabar baik untuk Timnas Indonesia. Pasalnya, sang pelatih, Shin Tae-yong mempunyai tambahan opsi pada sektor penjaga gawang.

Baca Juga:  Indonesia Hanya Turunkan Ganda Campuran pada German Open 2024, PBSI Ungkap Alasannya

Namun, walau telah mendapat paspor Indonesia, hal itu tak menjadi garansi Cyrus dengan segera akan meningkatkan kekuatan Skuad Garuda. Sebab, persaingan di tempat Timnas Indonesia akan menjadi sangat kompetitif lantaran akan hadir juga sosok kiper Dallas FC, Maarten Paes, yang digunakan sejauh ini lebih lanjut dilirik Shin Tae Yong.

Cyrus sendiri pada waktu ini bermain sebagai kiper klub divisi dua Kejuaraan Yunani, Panathinaikos B. Bergabung sejak musim 2021, kiper berpostur 191cm itu sudah pernah bermain sebanyak 17 kali serta mencatatkan tiga cleansheet.

Related Articles

Back to top button