Bisnis

Cegah Korupsi, Ganjar-Mahfud Bakal Perkuat Sistem Digitalisasi Keuangan

Satelitemx.net – JAKARTA – Pasangan calon presiden (capres) juga calon duta presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menilai pentingnya memacu digitalisasi sistem keuangan, sebagai salah satu upaya menghindari langkah pidana korupsi. Menurut Ganjar dengan cara digitalisasi penghematan mampu dilakukan, lantaran proses tunai sulit untuk dilacak sehingga perlu pembatasan besaran transaksi.

“Kalau tidaklah salah 100 juta. Itu juga harus jadi komitmen e-budgeting, e-planning untuk transparansi di sebuah birokrasi menjadi kewajiban,” kata Ganjar di pernyataannya, Kamis (18/1/2024).

Menurut beliau transparansi anggaran kemudian harus jelas asal-usulnya, dan juga anggaran yang digunakan harus benar-benar sampai untuk pelaksana juga harus dikontrol oleh pemimpin tertinggi. Itulah yang menurut Ganjar, sebagai dashboard yang dimaksud dibutuhkan setiap hari untuk pemimpin melihat, pemimpin memberantas korupsi secara langsung.

“Maka penguatan kelembagaan dapat dijalankan dengan mengatasi kembali independensi KPK. Jika KPK independen serta menjaga integritas aparatur KPK itu penting, agar tak bisa saja diintervensi siapapun,” jelasnya.

Ganjar mengungkapkan kejaksaan dan juga kepolisian juga bisa jadi mengupayakan transparansi untuk proses terhadap penduduk serta penegakkan hukum yang dimaksud bebas dari intimidasi.

Ganjar juga menyinggung perihal LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara). Menurutnya instrumen LHKPN ini sebenarnya tidaklah sulit. Ketika LHKPN macet, kata dia, kuncinya mudah, tinggal undang KPK, pejabat negara secara langsung disuruh isi formulir, selesai semuanya.

“Dan inilah pola-pola yang kita lakukan ketika melakukan koordinasi, supervisi lalu pencegahan yang kita lakukan. Melibatkan pemerintahan, KPK serta seluruh dunia usaha, termasuk dunia institusi belajar adalah cara pencegahan yang tersebut bagus,” paparnya.

Calon presiden yang diusung oleh Partai Perindo itu menilai, penguatan LHKPN itu bisa saja dengan sistem whistleblowing dengan masyarakat, dengan tetap memperlihatkan menjamin kerahasiaannya.

Baca Juga:  Sama-sama Ziarah ke Makam Bisri Syansuri, Ganjar Sebut Tak Janjian dengan Cak Imin

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button