Nasional

Cegah Korupsi, Ganjar Bakal Minimalisasi Rangkap Jabatan dan juga Miskinkan Koruptor

Satelitemx.net – JAKARTA – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo berikrar memberantas korupsi dengan meminimalisasi rangkap jabatan pada pejabat hingga memiskinkan para koruptor.

Hal yang disebutkan disampaikan Ganjar pada acara Perkuatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku integritas) di dalam Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Awalnya, Ganjar didampingi cawapres Mahfud MD memaparkan beberapa orang pointers berisi langkah konkret memberantas korupsi. Salah satunya menegaskan regulasi negara memberikan efek jera bagi koruptor.

“Regulasi yang mana punya efek jera ini benar-benar akan didorong agar konflik kepentingan bisa saja kita jaga untuk tidak ada terjadi konflik itu,” kata Ganjar.

Adapun konflik kepentingan yang digunakan dijelaskan Ganjar terdiri dari tiga fokus utama. Di antaranya menegakkan kode etik dalam semua instansi, awasi kekayaan tak sesuai LHKPN, juga meminimalisasi rangkap jabatan.

“Dan tentu semata pendekatan kode etik lalu mengawasi kekayaan yang tidaklah sesuai dengan profil LHKPN, serta meminimalisasi rangkap jabatan,” jelasnya.

Dalam menjalankan tiga poin tersebut, Ganjar juga ingin melibatkan peran juga publik terkait pemberantasan Korupsi, Kolusi, kemudian Nepotisme (KKN) lewat program LaporPres.

Selain situ, Ganjar pun menegaskan komitmennya untuk memiskinkan koruptor dengan dua cara penting. Yakni pengenaan tambahan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) serta pengesahan RUU Perampasan Aset.

Jika koruptor tak juga jera pasca melalui proses-proses tersebut, Ganjar-Mahfud tegas akan menahan napi aksi pidana korupsi pada Pulau Nusakambangan, Kota Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). “Lalu kalau itu tidak ada jera, maka efeknya adalah memiskinkan koruptor. Saya kira Nusakambangan menjadi tempat terbaik,” tegasnya.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  KPK Tak Umumkan Nama Tersangka OTT di dalam Sidoarjo, Ada Apa? Begini Penjelasannya

Related Articles

Back to top button