Kesehatan

Cara Aman Pilih Hampers Lebaran ala BPOM, Perhatikan Hal Ini adalah Agar Tetap Baik

Satelitemx.net – JAKARTA – Badan Pengawas Jalan keluar lalu Makanan (BPOM) membagikan beberapa cara aman memilih hampers Lebaran yang mana menyehatkan untuk tubuh. Hal ini menyusul maraknya temuan pemakaian unsur berbahaya pada pada makanan.

Untuk memilih hampers Lebaran dengan aman, BPOM menyarankan agar memperhatikan standar kualitas kelayakan dan juga tanggal kedaluwarsa. Hal ini termasuk makanan, minuman, atau barang-barang lainnya yang dimaksud ada di area pada hampers.

Periksa tanggal kedaluwarsa setiap produk-produk di hampers. Pastikan semua item masih di masa kedaluwarsa yang tersebut layak konsumsi.

Pelaksana Tindakan Kepala BPOM RI Dr. Dra. L. Rizka Andalucia, Apt., M. Pharm., MARS mengungkapkan bahwa memang benar agak sulit mencari hampers yang mana aman lantaran di kemasan. Namun beliau mempunyai tips untuk memilih hampers yang digunakan baik.

“Dilihat izin edarnya dulu, makanan yang ada di dalam pada parsel harus ada izin edar juga batas kadaluwarsa. Kami mengimbau terhadap penyedia parsel untuk memperhatikan hal itu,” kata Rizka pada waktu acara Hasil Temuan Pengawasan Rutin Khusus Pangan Selama Ramadan kemudian Idul Fitri di dalam Kantor BPOM, Ibukota pada Senin, 1 April 2024.

Selain itu, hampers Lebaran harus miliki label yang mana jelas dan juga kemasan yang dimaksud baik. Pastikan juga tidak ada ada kecacatan atau kebocoran pada kemasan. Rizka mengimbau untuk warga ketika mendapat hampers yang tersebut telah kadaluarsa juga kemasannya rusak segera laporkan ke BPOM.

“Nanti kami lacak sesuai sumber paselnya. Pertama izin edar juga batas kadaluarsa yang dimaksud ada dalam di kemasan, juga yang tersebut pasti kemasan tidak ada rusak. Kalau rusak juga terbuka nah ini merupakan sudah ada pangan rusak,” jelasnya.

Baca Juga:  5 Bahaya Konsumsi Makanan Manis pada waktu Lebaran bagi Aspek Kesehatan Anak, Waspada Obesitas

Pihak BPOM sendiri melakukan pemeriksaan secara ketat mengenai item hampers yang digunakan berisi kue kering. Rizka mengungkapkan kue kering biasanya diproduksi skala kecil atau rumah tangga, ketentuan pangan yang mana disimpan di waktu tambahan tujuh hari harus memiliki izin edar.

Related Articles

Back to top button