Nasional

Blok M Square Kebakaran, Petugas Damkar Jelaskan Situasi Terkini

Satelitemx.net – Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan juga Penyelamatan (Gulkarmat) Ibukota Selatan, Triyanto mengumumkan kebakaran di area Blok M Square, DKI Jakarta Selatan pada saat ini telah ditangani oleh petugas. Ia pun melakukan konfirmasi situasi pada waktu ini telah aman sepenuhnya.

Petugas disebutnya sempat melakukan overhaul alias penyisiran lokasi kebakaran untuk menemukan titik-titik api yang mana tersembunyi di tempat tempat kejadian. Pihaknya akan menelusuri semua lantai pusat perdagangan untuk menegaskan tak ada lagi kemungkinan kobaran api.

“Jadi saya pastikan kondisi sudah ada aman, masih di dalam tahap overhaul. Saya katakan nanti ada penyebaran pada setiap lantai. Tadi teman-teman jebol semua kemudian dipastikan kondisi aman,” ujar Triyanto di area lokasi, Mulai Pekan (18/12/2023).

Triyanto menjelaskan, api awalnya berasal dari shaft atau lubang pipa yang digunakan menghubungkan lantai-lantai bangunan di dalam lantai satu. Kemudian api merambat dari hingga ke lantai empat.

“Jadi dari shaft kabel merambat sampai ke lantai 4. Jadi saya pastikan tadi saya naik dengan teman-teman tim. Dari lantai 5-7 shaft itu aman,” ucapnya.

Proses pemadaman sendiri berlangsung sekitar 2 jam sejak pukul 17.00 WIB. Awalnya petugas menggunakan APAR, tapi oleh sebab itu asap yang dimaksud tebal pada pada gedung pemadaman diganti memakai hidran.

Kita pertama tadi menggunakan hidran dari gedung. Namun sekian menit hidran gedung abis, diambil alih oleh mobil dri damkar, dengan melalui siamese connection. Kita pemadaman melalui atas. Jadi kita melalui gravitasi,” jelasnya.

Dugaan faktor kebakaran pada waktu ini adalah korsleting listrik yang digunakan memicu percikan api. Namun, belum diketahui apa yang tersebut menyebabkan korsleting ini terjadi.

Baca Juga:  Ada Peran Huawei ketika Sinyal Indosat Gangguan dalam Awal Tahun Baru 2024

“Masih pada tahap penyidikan. Biar pihak kepolisian yg tentukan. Kemungkinan-kemungkinan apa hanya sanggup terjadi. Namun nanti yang mana lebih lanjut kepentingan dari labfor (laboratorium forensik),” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button