Bisnis

BI Prediksi The Fed Turunkan Suku Bunga 3 Kali Mulai Semester II 2024

Satelitemx.net – JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa siklus kenaikan suku bunga kebijakan moneter negara maju, termasuk Fed Funds Rate (FFR), diperkirakan telah dilakukan berakhir. Meski begitu masih akan bertahan tinggi pada semester I 2024, dengan kemungkinan akan mulai mengecil pada semester II 2024.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, kemungkinan suku bunga The Fed (bank sentral AS) turun pada semester II ini sebelumnya dua kali menjadi tiga kali penurunan sampai 75 basis poin.

“Bacaan-bacaan kami tentu belaka lebih banyak mendasarkan pada assessment kegiatan ekonomi Amerika kemudian juga kondisi tenaga kerja serta pemuaian core PCE Amerika, dan juga juga hasil resmi dari FOMC,” kata Perry di konferensi pers RDG BI di dalam Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Menurut Perry, BI juga meninjau bursa mengantisipasi FFR kemungkinan bisa saja turun lebih tinggi cepat di area penghujung triwulan II dengan tingkat penurunan lebih lanjut tinggi.

“Ada yang digunakan memperkirakan empat kali 1% bahkan lebih tinggi tinggi, tapi baseline skenario kami lebih besar mendasarkan assessment-assessment kami mengenai kondisi Amerika, lingkungan ekonomi tenaga kerja lalu khususnya core PCE juga juga diskusi kami dengan Federal Reserve,” jelasnya.

Dengan demikian, BI memperkirakan suku bunga The Fed mulai semester II akan turun tiga kali sampai dengan 75 basis poin.

(Sumber:SindoNews)

Baca Juga:  Wujudkan Kepedulian terhadap Masyarakat, Qhomemart Gelar Proyek Bedah Rumah

Related Articles

Back to top button