Bisnis

Berapa Denda Tilang Tidak Pakai Helm? Cek Info Terbarunya

SateliteMX.net – Tilang elektronik pada tahun 2023 ini sudah diterapkan di tempat beberapa kota di dalam Indonesia, termasuk juga denda tilang tidaklah pakai helm.

Namun, bagi sebagian pengendara justru kebijakan ini di dalam salah gunakan serta bukan sedikit yang digunakan melanggar aturan lalu lintas yang tersebut berlaku. Salah satu pelanggaran yang sering diimplementasikan pengendara adalah tiada pakai helm.

Lalu berapakah besaran denda tilang yang dimaksud harus dibayarkan jika terekam tilang elektronik bukan pakai helm?

Dikutip dari laman Daihatsu, Selasa (21/11/2023), pengendara atau penumpang sepeda motor yang tersebut tiada menggunakan helm standar nasional dapat dikenai hukuman pidana, baik merupakan kurungan dengan maksimal 1 bulan atau denda hingga Rp 250 ribu, sesuai dengan Pasal 291 ayat 1.

Untuk pemanfaatan helm sendiri tiada boleh asal, lalu harus tertera logo SNI sesuai dengan pasal 106. Jika pengemudi sepeda motor memakai helm, tetapi pihak penumpang tiada memakai helm.

Maka pihak pengemudi dinilai lalai serta membiarkan pihak penumpang melakukan pelanggaran. Jika kondisi hal itu terjadi kepada Anda sebagai pengemudi, maka Anda mampu terkena denda tilang hingga Rp250 ribu sesuai dengan pasal 291 ayat 2.

Demikian denda tilang tidak ada pakai helm bagi pengendara ataupun penumpang bila terekam tilang elektronik.

(Sumber: Suara.com)

Baca Juga:  Genjot Perekonomian Kerakyatan, PNM Lakukan Sinergi Social Loan dengan HSBC

Related Articles

Back to top button