Kesehatan

Berapa Banyak Jumlah Ring Jantung yang dimaksud Boleh Dipasang di area Tubuh?

SateliteMX.net – Ring jantung kerap jadi andalan pasien jantung koroner untuk dapat pulih juga beraktivitas seperti sedia kala. Tapi kondisi ini menghasilkan masyarakat penasaran berapa jumlah total maksimal ring jantung yang digunakan sanggup dipasang dalam tubuh?

Konsultan Intervensi serta Aritmia Jantung Eka Hospital BSD dr. Ignatius Yansen Ng, Sp.JP (K), FIHA, FAsCC menjelaskan penyakit jantung koroner atau PJK adalah penyumbatan pembuluh darah jantung, dalam mana jika tiada segera ditangani dapat menyebabkan serangan jantung, bahkan gagal jantung.

“Oleh sebab itu saat orang mengalami PJK akut yang dikenal dengan serangan jantung, sebuah tindakan darurat harus segera dijalani secepatnya. Ada beberapa opsi dari penanganan PJK akut dalam dunia kedokteran selain pemberian obat-obatan, salah satunya yaitu pemasangan stent atau ring jantung,” ujar dr. Ignatius melalui keterangan yang tersebut diterima suara.com, Rabu (8/11/2023).

Ring jantung adalah sebuah tabung kawat kecil yang dimaksud terbuat dari logam tahan karat yang digunakan untuk membuka jalur pembuluh darah yang tersebut mengalami penyumbatan. Menurut dr. Ignatius, secara resmi memang tak ada batasan secara pasti untuk jumlah keseluruhan maksaaimal pemasangan ring jantung yang dimaksud bolehkan di tempat dalam tubuh.

“Namun standarnya dokter dapat memasang 2 hingga 3 ring jantung dalam sekali operasi, lalu dokter bisa jadi melakukan pemasangan ring lagi apabila ada penyumbatan lagi di area kemudian hari,” papar dr. Ignatius.

Metode ini biasanya ditujukan pada pasien PJK yang sudah mengalami penyumbatan di dalam atas 60-70% tergantung lokasi dan juga bisa saja diimplementasikan lebih lanjut dari 1 penyumbatan. Pemasangan ring jantung sendiri biasanya dijalani pada saat prosedur Coronary Angioplasty atau CAG.

Ia juga menambahkan, berapa jumlah total ring jantung yang dimaksud bisa jadi ditampung tubuh akan bergantung dari kondisi pasien itu sendiri. Beberapa faktor yang digunakan bisa jadi berperan dalam jumlah total pemasangan ring seperti usia, anatomi tubuh, hingga faktor kesehatan atau penyakit tertentu.

Baca Juga:  Bisa Deteksi Berbagai Risiko Penyakit, Apa itu Pemeriksaan Genomik?
gambar ilustrasi jantung (pexel.com)
gambar ilustrasi jantung (pexel.com)

Kondisi faktor risiko kemudian penyakit penyerta kadang bukan memungkinkan untuk dijalankan operasi jantung CABG (Coronary Artery Bypass Graft), sehingga tetap dipilih untuk dikerjakan pemsangan ring jantun bagaimanapun juga memerlukan ring dalam jumlah agregat yang digunakan lebih tinggi banyak.

“Selain itu anatomi tertentu juga bukan memungkinkan untuk dijalani pemasangan ring sekalipun cuma 1 penyumbatan sehingga harus dijalankan operasi bedah pintas jantung (CABG),” kata dr. Ignatius.

Perlu diketahui CAG dalam proses pemasangan ring adalah sebuah prosedur kateterisasi jantung yang tersebut digunakan untuk membuka jalur arteri koroner jantung yang digunakan tersumbat, dengan bantuan sinar-X lalu pewarna kontras untuk melihat letak penyumbatan secara presisi.

“Prosedur CAG menggunakan teknologi kateter balon kecil yang dimaksud dimasukkan ke dalam pembuluh darah yang dimaksud tersumbat untuk membantu melebarkannya juga meningkatkan aliran darah ke jantung dan juga meredakan nyeri dada yang tersebut mungkin dirasakan pasien,” pungkas dr. Ignatius.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button