Kesehatan

Benarkah Minum Es Bikin Darah Haid Jadi Beku? Ini adalah Klarifikasi Dokter

Satelitemx.net – JAKARTA – Banyak orang percaya minum es bikin darah haid menjadi beku. Akibatnya, para wanita banyak menghindari minuman dingin pada waktu menstruasi demi kesehatan.

Meski demikian, anggapan ini semata-mata mitos. Sebab, minum es tiada menimbulkan darah haid menjadi beku. Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak mengungkapkan bahwa air dingin yang dikonsumsi akan disesuaikan dengan suhu tubuh.

“Sering dengar nggak banyak minum es atau air dingin dapat bikin haid itu jadi nggak lancar, terganggu bahkan sanggup bikin mampet?” kata dr Kevin dikutipkan dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Hari Jumat (1/3/2024).

“Padahal air es itu ketika masuk ke di tubuh kita akan disesuaikan dengan yang dimaksud namanya suhu tubuh inti. Jadi suhunya pasti stabil serta yang dimaksud kedua, air es itu masuknya ke di saluran cerna,” sambungnya.

Darah haid, dijelaskan dr Kevin meninggalkan dari rahim. Sehingga antara air dingin kemudian darah menstruasi melalui jalur yang mana berbeda di tempat tubuh. Ini adalah artinya keduanya tiada saling berhubungan.

“Sedangkan darah haid itu keluarnya dari rahim alias saluran kewanitaan. Jadi dua jalur ini mirip sekali tak berhubungan serta tiada memengaruhi satu serupa lain,” jelasnya.

Di sisi lain, para wanita disarankan lebih tinggi banyak minum air putih pada waktu haid. Ini adalah bertujuan untuk menghindari dehidrasi sehingga tidaklah memperparah gejala seperti nyeri yang tersebut mengganggu.

“Justru ketika kamu haid, kamu harusnya minum lebih banyak berbagai untuk mencukupi permintaan cairan harian kamu. Yaitu satu satu setengah sampai dua liter per hari,” ujarnya.

“Setara dengan delapan sampai 10 gelas per hari agar kamu nggak gampang dehidrasi. Karena kalau kamu dehidrasi, maka nyeri haidnya akan semakin parah seperti melilit,” pungkasnya.

Baca Juga:  5 Cara Meredakan Sakit Perut secara Alami, Nomor 1 Paling Mudah

Related Articles

Back to top button