Bisnis

Belum Pelajari Strategi Analisa, BEI IngatkanJangan Coba-coba Penyertaan Modal Saham

Satelitemx.net – JAKARTA – Penyertaan Modal saham telah terjadi menjadi bagian dari perencanaan keuangan setiap kalangan. Namun, tak jarang ditemui proses jual beli saham tanpa strategi analisa apapun.

Bursa Efek Indonesia (BEI) meninjau kebanyakan pemodal pemula mengikuti rekomendasi dari influencer atau orang yang dikenalnya, yang sama-sama berinvestasi saham. “Pendekatan ini bisa saja dikatakan kurang tepat oleh sebab itu belum tentu hasil analisanya cocok untuk portofolio setiap orang,” terang BEI pada keterangan, hari terakhir pekan (22/3/2024).

Bursa mencermati pembelian saham berdasarkan rekomendasi itu adalah hal yang tersebut lumrah. Akan tetapi, setiap penanam modal juga harus miliki alasan mengapa pada akhirnya memilih rekomendasi tersebut.

Maka dari itu, alangkah pentingnya bagi pemodal untuk mempelajari analisis saham sebelum melakukan operasi jual beli saham. “Analisis saham sangat diperlukan bagi para penanam modal sebab menjadi salah satu faktor penentu untuk mengambil tindakan ketika akan bertransaksi saham di area Bursa Efek Indonesia (BEI),” jelasnya.

Strategi analisa saham dikategorikan menjadi dua, yaitu analisa teknikal kemudian analisa fundamental. Pemodal jangka panjang biasanya akan memilih analisa fundamental. Sementara itu, pemodal jangka pendek juga perlu mempelajari cara membaca analisis teknikal.

Dalam analisa fundamental, metode pengukuran yang tersebut sanggup dipakai penanam modal untuk mengetahui nilai performa sebuah saham adalah kinerja keuangan perusahaan, kondisi ekonomi, manajemen efektivitas perusahaan lalu persaingan perusahaan pada lapangan usaha perusahaan yang disebutkan bergerak.

Untuk indikator analisis fundamental, pemodal mampu menggunakan Return to Equity (ROE), Price to Earnings Ratio (PER), dan juga indikator analisis fundamental lainnya. Analisis fundamental dapat membantu pemodal untuk memperoleh informasi nilai sebuah saham untuk dibandingkan dengan tarif terkini yang dimaksud ada.

Baca Juga:  Ada yang dimaksud Bilang Main Saham Haram, Begini Faktanya

Data ini kemudian digunakan sebagai pertimbangan pemodal apakah sebuah saham yang dimaksud overvalued atau undervalued. Pemodal bisa jadi melakukan analisis saham dengan pendekatan kondisi fundamental perusahaan lalu sektor lapangan usaha bisnisnya.

Related Articles

Back to top button