Nasional

Baru Dilantik Jokowi, Panglima TNI Bicara Upaya Pembebasan Pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto calon mengedepankan operasi teritorial, dalam upaya pembebasan pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehrtens. Warga Selandia Baru itu disandera oleh Tentara Pembebebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pada 7 Februari 2023.

Agus mengatakan TNI akan berkomunikaai dengan Forkopimda setempat.

“Makanya ke depan kami kedepankan operasi teritorial. Mudah-mudahan dengan langkah itu ada kabar lah mudah-mudahan saudara Philip Merthens yang dimaksud ada pada sana,” kata Agus usai dilantik Presiden Jokowi di tempat Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Bukan sekadar untuk pembebasan Philips, operasi teritorial akan terus diimplementasikan untuk tujuan lainnya.

“Pokoknya kami terus (cari), kami akan terus meningkatkan operasi teritorial dalam rangka untuk mensejahterakan rakyat pada sana,” kata Agus.

Sementara Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengabarkan terkait kondisi terbaru dari pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehrtens yang mana disandera oleh TPNPB-OPM. Menurutnya, lokasi terakhir Philip berada dalam wilayah yang tersebut sulit terjangkau.

“Pimpinan KKB Egianus Kogoya juga sering berpindah-pindah lokasi penyanderaan di tempat wilayah Nduga dan juga Lanny Jaya sehingga anggota sulit mendekati lokasi, apalagi KKB juga selalu menjaga sandera,” kata Mathius pada Jayapura, Senin (7/8/2023).

Sejauh ini, pihaknya masih mengupayakan negosiasi dengan TPNPB-OPM agar mau membebaskan Philips. Selain dari aparat, tokoh masyarakat, agama hingga pihak keluarga juga ikut serta dalam upaya negosiasi agar Egianus luluh.

Mathius menegaskan bahwa pihaknya tak akan mengabulkan permintaan TPNPB-OPM untuk menukar Philips dengan senjata ataupun pengakuan kemerdekaan Papua.

Panglima TNI terpilih Jenderal TNI Agus Subiyanto melambaikan tangan saat sidang paripurna pada Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/11/2023). [ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha].
Panglima TNI terpilih Jenderal TNI Agus Subiyanto melambaikan tangan saat sidang paripurna di dalam Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/11/2023). [ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha].

“Negoisasi dapat sekadar dijalankan namun yang digunakan terpenting tidak ada meminta-minta kemerdekaan lalu senjata atau amunisi,” tegasnya.

Delapan bulan sudah Philips menjadi korban penyanderaan TPNPB-OPM. Ia disandera setelah mendaratkan pesawatnya pada Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023

Baca Juga:  Jokowi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Hari Ini

Beberapa kali TPNPB-OPM memberikan kabar mengenai kondisi Philips melalui video. Dalam video yang mana disebarkan itu, merek mengatakan mau membebaskan Philips dengan syarat pemerintah Indonesia harus mengaku Papua merdeka.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button