Otomotif

Bagi Pengemudi Mobil Pribadi Libur Nataru, Hal ini Catatan Kelayakan Jalur Pantura Surabaya-Banyuwangi untuk Akhir Tahun

Satelitemx.net – Libur Nataru atau Libur Natal kemudian Tahun Baru dalam Indonesia diwarnai diperkenalkan mobil-mobil pribadi dalam berbagai ruas jalan raya. Inilah kesempatan bagi para keluarga yang digunakan mengunakan kendaraan sendiri sebagai pilihan berperjalanan. Salah satu rute terkenal untuk Pulau Jawa adalah Jalur Pantai Utara atau Jalur Pantura.

Dikutip dari kantor berita Antara, pengamanan yang digunakan dilaksanakan Satuan Polisi Lalu Lintas menyambut Libur Nataru adalah Operasi Lilin 2023. Di Jawa Timur diimplementasikan sebagai Operasi Lilin Semeru 2023.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto mengungkap bahwa memasuki pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023, yang tersebut disiapkan Polda Jatim adalah patroli persiapan pengamanan Natal lalu sekaligus kesiapan Jalur Pantura pada libur Tahun Baru 2024.

“Kita ketahui bahwa dari hasil pendataan dan juga penelitian dari Kementerian Perhubungan, dari 17 persen (peningkatan) pergerakan warga yang melakukan perjalanan pada Pulau Jawa, mayoritas 16 persen ada di area Jawa Timur,” papar Irjen Imam Sugianto.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto menggunakan motor gede tiba di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi di rangka pantroli panjang persiapan libur Natal 2023 juga Tahun Baru 2024 [ANTARA/Novi Husdinariyanto]
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto menggunakan motor gede tiba di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada rangka patroli panjang persiapan libur Natal 2023 kemudian Tahun Baru 2024 [ANTARA/Novi Husdinariyanto]

Disebutkannya bahwa anggota penduduk yang digunakan akan melakukan perpindahan atau perjalanan di area Jawa Timur total ada sekitar 16 jt orang atau manusia.

“Oleh oleh sebab itu itu kami juga melakukan antisipasi di area pelabuhan penyeberangan Ketapang (Banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali),” imbuhnya.

Selanjutnya, Kapolda Jatim juga menegaskan jalur pantura Surabaya-Banyuwangi siap dilalui. Caranya, lewat patroli panjang menggunakan motor gede (moge) sejauh sekitar 300 km dari Surabaya ke Banyuwangi untuk menyimak kondisi jalan raya pantura di dalam Jawa Timur sudah ada siap dilalui di musim libur Natal 2023 lalu Tahun Baru 2024.

“Kami pastikan perbaikan jembatan (di jalur pantura Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi) yang tersebut sebelumnya diperkirakan selesai melintasi tahun, ternyata hari ini telah dapat dilalui kemudian lancar. Tadi kami melintasi jalannya mulus (tidak macet),” jelas Irjen Pol Imam Sugianto pasca meninjau Posko Terpadu Natal 2023 kemudian Tahun Baru 2024 Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Hari Senin (18/12/2023).

Baca Juga:  Perubahan Cuaca Mulai Terjadi, Perhatikan Libur Nataru Pakai Kendaraan Pribadi

Ditambahkannya bahwa arus lalu lintas jalur pantura di area Kecamatan Wongsorejo, Kota Banyuwangi, sejak beberapa bulan terakhir terganggu juga bahkan terjadi kemacetan panjang, oleh sebab itu ada empat jembatan pada kondisi perbaikan.

Namun bagian dari Jalur Pantura itu sekarang ini mulai dilalui dan juga arus lalu lintas lancar setelahnya pengerjaan rehabilitasi empat jembatan dalam wilayah itu selesai pada awal pekan ini,

“Jadi kami melintasi jalan raya pantura (Wongsorejo, Banyuwangi) mulus semua, tinggal merapikan pagar saja. Mudah-mudahan sebelum Natal 2023 kemudian Tahun Baru 2024 sudah ada selesai kemudian mampu dimanfaatkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Ia juga menyatakan bahwa puncak perjalanan berkendaraan pada Jawa Timur diperkirakan berlangsung sekira tiga hari menjauhi peringatann religi Natal 2023.

“Penjelasan dari General Manajer PT ASDP Pusat Ketapang, puncak pergerakan orang melakukan perjalanan diperkirakan pada 22 Desember 2023 (tiga hari sebelum Natal) juga 29 Desember (tiga hari sebelum pergantian tahun 2023-2024) hingga tanggal 2 Januari 2024,” jelas Irjen Pol Imam Sugianto.

Bagi mereka itu yang dimaksud mengemudikan mobil di Libur Nataru ke arah Jawa Timur, catat informasi ini lalu sebaiknya menghindari puncak pergerakan Libur Nataru.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button