Otomotif

Avanza Kalah Kelas, Trio Jip Butut Hal ini Paling Setia Jadi Penghuni Garasi Prabowo Subianto, Harganya Bikin Melongo

Satelitemx.net – Kendati kerap dikenal dengan citra “gemoy”, setidaknya menurut para pemilih di area usia muda, namun isi garasi capres dengan nomor urut 2, Prabowo Subianto terpencil dari kata imut atau lucu atau menggemaskan.

Bahkan rata-rata mobil yang dimaksud ia miliki identik dengan kesan garang kemudian berkelas. Setidaknya itulah yang digunakan terlihat dari LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) yang mana dirilis KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) terkait Menteri Keamanan periode 2019-2024 tersebut.

Uniknya, dari dokumen LHKPN yang mana dirilis sejak 2003 hingga terkini, ada tiga mobil tua yang paling setia menghuni garasi dari Prabowo Subianto.

Land Rover Defender Camel Trophy langka milik warga Indonesia yang akan dipamerkan pada arena The Heritage of Jaguar Land Rover yang digunakan akan diselenggarakan di dalam Nava Park, Serpong, Banten pada 11 Agustus mendatang. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Land Rover Defender, sebagai ilustrasi. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Tiga mobil yang dimaksud pada waktu ini masih menjadi bagian dari total 8 kendaraan yang dimiliki oleh capres-nya Gibran Rakabuming. Apa cuma mobil tua tersebut?

Mobil-mobil ini antara lain adalah dua unit Land Rover, dengan tahun pembuatan masing-masing 1992 kemudian 1994. Di LHKPN terbaru, mobil ini ditaksir punya nilai masing-masing 50 jutaan rupiah.

Sayangnya tak diketahui Land Rover jenis apa yang dimaksud dimiliki oleh Prabowo Subianto, namun jikalau dilihat dari situs jual beli mobil bekas, di area era yang dimaksud terdapat dua jenis Land Rover, yakni Defender dan juga Discover, yang tersebut nilai bekasnya untuk buatan tahun 90-an masih sangat tinggi, yakni 600 jutaan untuk Defender kemudian 400 jutaan untuk Discover.

Selain itu, mobil tua butut yang tersebut lain adalah satu unit Toyota Land Cruiser dengan tahun pembuatan 1980 yang diperoleh tahun 1998 menurut LHKPN tahun 2003. Di LHKPN terbaru tahun 2023, jip yang dimaksud punya taksiran nilai 50 jt rupiah.

Namun seperti yang mana seperti yang tersebut kita tahu, jip yang tersebut kadang disebut Hard Top ini cukup diapresiasi di dalam kalangan pencinta otomotif dan juga kerap dijadikan koleksi. Di pasaran mobil bekas, Land Cruiser tua ini dapat ditemui pada harga jual 300 jutaan ke atas.

Baca Juga:  Harga Honda BeAT Sporty CBS ISS Bekas dari 2019 hingga 2023, Nggak Sampai 15 Jutaan
Toyota Land Cruiser. (pixabay.com)
Toyota Land Cruiser. (pixabay.com)

Kenapa tarif mobil pejabat dalam LHKPN biasanya lebih lanjut tidak mahal dibandingkan dengan biaya pasar?

Perlu diketahui bahwa nilai mobil bekas di area pasaran umum biasanya mengalami fluktuasi. Mobil yang mana tak disukai khalayak umum tentu harganya akan tambahan turun berbeda dengan dengan mobil yang digunakan digemari masyarakat, tergantung demand. Efeknya mobil yang digandrungi ini harganya cenderung stabil atau bahkan malah makin naik seperti kasusnya Honda Civic Estilo atau Isuzu Panther.

Sementara itu, acuan pelaporan LHKPN diduga salah satunya berdasar pada NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), setidaknya menurut dokumen FAQ yang dirilis KPK (klik pada di sini untuk cari tahu). Pada dokumen yang mana dirilis 2018 tersebut, disebutkan bahwa biaya yang tersebut dicantumkan adalah tarif wajar.

Acuan Harga Kendaraan Pejabat pada LHKPN. (KPK)
Acuan Harga Kendaraan Pejabat pada LHKPN. (KPK)

Seperti yang mana Suara.com (klik pada sini) pernah ulas sebelumnya, bahwa NJKB berbeda dari pasaran kendaraan bekas ‘normal’ seperti yang dimaksud kita tahu di tempat lapangan. Sebab NJKB adalah biaya atau nilai yang digunakan sudah ada ditetapkan oleh Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) yang dimaksud sebelumnya sudah ada mendapatkan data dari Agen Pemegang Merek (APM).

Sebagai contoh, mengacu pada Toyota Land Cruiser tersebut, di tempat LHKPN tercantum bahwa harganya 50 jutaan rupiah. Nah menurut situs Samsat Jakarta, NJKB mobil ini malah tambahan murah, yakni kisaran 24-37 jutaan tergantung spesifikasi. Sementara itu seperti yang digunakan kita tahu, di dalam pasaran harganya mampu tembus 300 jutaan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button