Olahraga

Atlet Panjat Tebing Indonesia Rahmad Adi Rebut Tiket Olimpiade Paris Usai Menangi Asian Qualifier 2023

SateliteMX.net – Atlet panjat tebing putra Indonesia Rahmad Adi Mulyono melakukan konfirmasi tiket menuju Olimpiade 2024 Paris setelah menaklukkan rekan satu negaranya, Kiromal Katibin, pada final IFSC Asian Qualifier 2023 di area Lot 11 Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Rahmad Adi mencatatkan waktu tercepat pada babak final 5,35 detik sementara Katibin finis di dalam posisi kedua meskipun dinyatakan jatuh (fall) dalam perebutan satu tiket menuju pesta olahraga terbesar di area dunia tersebut.

“Saya tambahan fokus dalam babak final ini, saya lebih besar tampil nothing to lose saja,” kata Rahmad Adi dalam wawancara singkat usai podium seperti dikutip dari Antara.

Perebutan gelar juara berlangsung sengit dengan Adi dan juga Katibin yang berakselerasi secara beriringan juga tipis. Sorak-sorai penonton turut menyertai perjuangan para atlet Indonesia yang tersebut bertarung pada tengah malam yang cerah dalam Jakarta.

Namun, di area detik ketiga, Katibin kehilangan cengkraman sehingga ia terjatuh, meskipun ia tetap menyelesaikan balapan panjat tebing “All Indonesian Final” yang kemudian keluar sebagai peraih medali perak.

Sementara itu, posisi tiga besar IFSC Asian Qualifier 2023 dilengkapi oleh atlet panjat tebing dengan syarat Jepang Omasa Ryo dengan catatan waktu 5,15 detik setelah mengalahkan delegasi China Wu Peng yang mana finis pada waktu 6,23 detik pada perebutan medali perunggu.

Pencapaian Rahmad Adi pun mengikuti langkah atlet panjat tebing putri Indonesia sekaligus peraih medali emas Kejuaraan Dunia Panjat Tebing dan juga Asian Games 2022 Hangzhou Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sebelumnya sudah menegaskan tiket menuju Olimpiade 2024 Paris.

Dengan ini, Indonesia mempunyai dua perwakilan pada cabang olahraga panjat tebing nomor speed di tempat kategori putra dan juga putri.

Baca Juga:  FIBA umumkan empat turnamen terakhir untuk kualifikasi Olimpiade Paris

Panjat tebing pun menjadi salah satu cabang olahraga prioritas Indonesia pada pesta olahraga terbesar sedunia tahun depan, selain bulu tangkis serta angkat besi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button