Bisnis

Apesnya Warga Indonesia, Mau Kerja Terbentur Syarat Usia

SateliteMX.net – Viral Bunda Corla menyatakan keprihatinannya pada jumlah agregat pengangguran di dalam Indonesia. Ia merasa bahwa hal ini dipengaruhi oleh syarat kerja yang digunakan mencantumkan usia.

Berbeda dengan Indonesia, banyak negara di area planet bumi yang dimaksud tidak ada mencantumkan usia sebagai syarat lamaran kerja, salah satunya Australia.

Australia dapat dikatakan menjadi negara yang tersebut tidak ada terlalu berjauhan dari Indonesia. Produktivitasnya cukup tinggi dengan pendapatan per kapita yang mana cukup besar. Usia produktif pada negara itu juga terbilang miliki rentang yang tambahan panjang dari Indonesia.

Syarat Usia Pekerja dalam Indonesia vs Australia

Di Indonesia sendiri sebenarnya terdapat regulasi baku yang tersebut mengatur mengenai hal ini. Beberapa regulasi yang mana berlaku di dalam Indonesia antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pasal 69 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2023, usia 13 hingga 15 tahun dapat melakukan pekerjaan ringan selama memperoleh izin ditulis dari orang tua atau walinya. Pemberi kerja wajib memberikan kontrak kerja pada remaja yang tersebut bersangkutan sesuai ketentuan yang digunakan berlaku
  • Untuk PKL, batas minimal usianya adalah 14 tahun dikarenakan berkaitan dengan kurikulum institusi belajar serta pelatihan dari sekolah
  • Pasal 68 Undang-undang Republik indonesia Nomor 13 Tahun 2003 menyatakan untuk pekerjaan berbahaya lalu beresiko minimal usianya adalah 18 tahun

Sementara itu, Bunda Corla mengungkapkan bahwa ia tak suka aturan pada Indonesia yang tersebut diterapkan perusahaan sebab membatasi usia maksimal seseorang saat melamar pekerjaan. Menurutnya, setiap orang pada usia produktif dapat semata diajari cara bekerja, serta bisa saja memperoleh penghasilan dari pekerjaan yang mana dilakukannya.

Biasanya, perusahaan dalam Indonesia memang menyantumkan syarat usia pelamar kerja dengan rentang 20-25 tahun dengan pengalaman kerja 2-3 tahun.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Aice, Es Krim Berkualitas juga Agen Hawker di dalam Ciracas Jakarta Timur

Syarat ini cukup memberatkan banyak orang. Terlebih, rentang usia yang tersebut sempit juga menangguhkan potensi banyak pekerja yang tersebut berusaha memperbaiki taraf hidup dengan berkarir.

Dikutip dari Fairwork Australia, tidak ada ada batas usia yang mana diterapkan. Selama pribadi sanggup bekerja, maka pekerjaan dapat dikerjakan serta upah dapat diberikan. Beberapa kasus bahkan diketahui ada seseorang pekerja yang sudah berusia 70 tahun, namun tetap bekerja dengan optimal sesuai dengan target.

Namun demikian untuk pendatang atau warga negara lain, syarat yang dimaksud diberikan untuk mendapatkan visa kerja adalah minimal berusia 18 tahun dan juga maksimal 30 tahun. Namun ketika sudah menjadi warga negara Australia, syarat ini akan menyesuaikan dengan regulasi yang tersebut berlaku.

Keresahan Batas Usia

Dalam live-nya, Bunda Corla menyatakan resah juga tak suka dengan sistem kerja di tempat indonesia. Perusahaan menetapkan batas usia maksimal untuk lowongan kerja, sehingga secara praktis menyembunyikan kesempatan untuk orang-orang yang tersebut berusia pada atas batas ambang yang namun mempunyai kualifikasi atau kemauan bekerja.

Hal ini yang dimaksud dianggap sebagai salah satu penyebab sektor ekonomi Indonesia kurang berkembang jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button