Lifestyle

Andien Tak Terapkan Tradisi Beli Pakaian Baru ketika Lebaran di dalam Keluarganya: Kita Buat Baju Upcycle

Satelitemx.net – JAKARTA – Andien Aisyah memiliki pandangan tersendiri terkait baju lebaran yang mana identik dengan Hari Raya Idul Fitri.

Andien mengaku, beberapa tahun terakhir ini telah tak pernah membeli baju lebaran. Alih-alih beli baju baru, penyanyi 38 tahun ini memilih memanfaatkan baju-baju lamanya untuk dikenakan kembali ketika Idul Fitri.

“Jadi kalau buat lebaran kita bisa jadi memanfaatkan baju yang tersebut telah ada oleh sebab itu kan sebenarnya toh baju lebaran dipakainya setahun sekali atau setahun dua kali di dalam Idul Fitri kemudian Idul Adha gitu ya,” ungkap Andien ketika ditemui di dalam kawasan Panglima Polim, DKI Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).


Bukan cuma dirinya, sang suami serta kedua anak Andien juga tiada membeli baju baru ketika lebaran.

“Kita menciptakan baju lebaran yang upcycle juga yang dimaksud asalnya dari baju-baju yang tersebut kemungkinan besar udah nggak kepakai dan juga cenderung akan dibuang biasanya. Baju yang digunakan udah luntur, kancingnya udah nggak ada, segala macam, kemudian dikaryakan kembali. Nah bikin seperti itu,” jelas Andien.

Rupanya kebiasaan yang dimaksud berbeda dari orang lain itu Andien adopsi dari keluarganya.

“Di rumah juga seperti itu. Sampai sekarang nggak ada baju lebaran sih,” ujar Andien.

Beruntung, kebiasaan itu tidaklah mendapat komplain dari anak-anaknya.


“Nggak (komplain) akibat merek nggak pernah ditanemin (mindset) kayak gitu (beli baju baru) dari kecil di tempat keluargaku nggak ada,” tutur Andien.

“Event ibu bapakku bukanlah yang digunakan lebaran beli baju baru, nggak pernah dari dulu, dari aku kecil,” lanjutnya.

Namun, Andien dan juga keluarga tetap memperlihatkan ada momen membeli baju baru. Namun tidak beli baju untuk menyambut hari lebaran.

Baca Juga:  Mengulik Mobil Gahar lalu Mewah yang mana Ditunggangi BCL ketika dalam Amerika, Segini Harganya

“Jadi kalau kebetulan beli baju baru ya akibat beli baju baru. Bukan dikarenakan ini lebaran maka harus baju baru,” pungkas Andien.

Related Articles

Back to top button