Otomotif

8 Kelebihan Mobil Hatchback, Favorit Kawula Muda

Satelitemx.net – JAKARTA – Banyaknya kelebihan mobil hatchback menjadikan kendaraan ini sejumlah diminati publik khususnya kalangan anak muda. Desain serta layanan menarik juga kemampuannya bermanuver di tempat jalanan perkotaan tak terbantahkan.

Tak heran, deretan mobil-mobil hatchback seperti Toyota Yaris, Ford Fiesta, Honda Jazz, serta Suzuki Swift laris manis juga semakin sejumlah berseliweran di tempat jalanan.

Ciri khas utama mobil hatchback adalah mempunyai ukuran kecil. Di bagian kabinnya terdapat dua baris kursi dan juga bagasi yang dimaksud terletak dalam belakang kursi belakang, dengan pintu yang tersebut bisa saja dibuka ke atas. Berbeda dengan sedan yang tersebut miliki bagasi seperti bagian ekor, bagasi mobil hatchback menjadi satu dengan ruang penumpang.

Popularitas mobil-mobil hatchback di tempat Indonesia dimulai sejak 2020. Kehadirannya dengan segera bisa jadi bersaing dengan jenis city car, sport utility vehicle (SUV), kemudian multi purpose vehicle (MPV). Hal itu tak lepas dari banyaknya kelebihan mobil hatchback.

Berikut deretan kelebihan mobil hatchback dirangkum dari berbagai sumber:

1. Cocok untuk medan perkotaan

Kelebihan mobil hatchback paling mencolok adalah kemampuan bermanuver yang tersebut mumpuni di tempat jalanan sempit serta padat khas perkotaan. Hal ini tak lepas dari desainnya yang aerodinamis lalu compact dengan bodi kecil. Selain itu, radius beloknya juga lebih besar kecil ketimbang mobil jenis lain, sehingga jago melibas medan perkotaan.

2. Parkir mudah

Kelebihan mobil hatchback berikutnya adalah mudah mencari tempat parkir yang dimaksud kerap menjadi persoalan di tempat perkotaan. Ukurannya yang tersebut mungil membuatnya tak membutuhkan ruang besar untuk parkir. Lagi-lagi, radius belok yang mana lebih banyak kecil dibandingkan dengan mobil lain, juga sangat membantu bermanuver pada waktu parkir.

Baca Juga:  Tesla Cybertruck diklaim miliki kapasitas derek 5.000 kg

3. Hemat BBM

Kelebihan lain mobil hatchback selanjutnya adalah irit BBM, lantaran bentuknya mungil kemudian berbobot ringan. Mesin yang digunakan digendongnya juga relatif kecil antara 1.000 hingga 1.500 cc. Keunggulan ini menjadikan mobil hatchback berbagai diminati oleh sebab itu medan perkotaan identik dengan kemacetan yang menciptakan mesin mobil bekerja lebih banyak keras juga otomatis boros komponen bakar. Ujung-ujungnya menciptakan pengeluaran lebih besar banyak.

4. Akselerasi responsif

Keunggulan lain mobil hatchback adalah akselerasinya yang mana responsif. Hal ini berkat bentuk mungil kemudian bobotnya yang mana ringan, menjadikan pengalaman berkendara dalam medan perkotaan nyaman dan juga menyenangkan.

5. Kabin dan juga bagasi lapang

Meski bentuknya mungil, namun desain kabin mobil hatchback cukup lapang berkat headroom yang dimaksud tinggi. Mobil hatchback umumnya mampu mengakibatkan hingga 5 orang. Sementara kapasitas bagasinya sebesar 440.000 cc.

6. Desain menarik

Kelebihan lain mobil hatchback adalah dari sisi desain yang mana modern, sporty serta stylish, baik sisi interior maupun eksterior. Bentuknya compact juga proporsional, ditunjang garis-garis tajam lalu aerodinamis. Pilihan warnanya pun beragam, mengakomodir selera anak muda.

7. Harga kompetitif

Harga mobil hatchback cukup beragam tergantung spesifikasi dan juga tahun produksi. Namun, secara umum harganya masih terjangkau untuk kantong penduduk kelas menengah.

8. Biaya perawatan ekonomis juga spareparts berlimpah

Mobil hatchback sebagaimana kendaraan bermotor lainnya memerlukan perawatan berkala seperti servis rutin, ganti oli dan juga penggantian komponen. Dibandingkan jenis mobil lain, ongkos perawatan mobil hatchback relatif lebih besar tidak mahal kemudian yang tersebut paling penting suku cadangnya sejumlah tersedia lalu otomatis harganya terjangkau. Demikian deretan kelebihan mobil hatchback favorit anak muda, yang membedakannya dengan jenis-jenis mobil lain.

Baca Juga:  Ajang Terios 7 Wonders 2024 Buktikan Ketangguhan Terios dalam Maluku Utara

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button