Kesehatan

6 Penyebab Berat Badan Naik ketika Puasa, Termasuk Kebanyakan Makan Gorengan

Satelitemx.net – JAKARTA – Penyebab berat badan naik pada waktu puasa sanggup dipicu oleh beberapa faktor. Termasuk konsumsi makan berlebihan ketika menerbitkan puasa, yang mana beberapa orang cenderung mengonsumsi makanan lalu minuman pada jumlah total yang digunakan berlebihan, yang tersebut dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Selain itu, konsumsi makanan tinggi gula serta lemak juga dapat menjadi faktor berat badan naik ketika puasa . Ini adalah oleh sebab itu makanan juga minuman yang digunakan tinggi gula lalu lemak seringkali menjadi pilihan pada waktu berbuka puasa, yang tersebut dapat menyebabkan penambahan kalori dan juga peningkatan berat badan.

Padahal, puasa sendiri seharusnya menjadi momen untuk memperbaiki gaya hidup sehingga memperkuat kemampuan fisik tubuh. Namun sayang, justru berbagai orang mengeluh berat badan naik selama puasa. Lantas apa belaka penyulut lainnya yang mana memicu kondisi ini?

Penyebab Berat Badan Naik pada waktu Puasa

Berikut faktor berat badan naik pada waktu puasa dilansir dari berbagai sumber, Awal Minggu (1/4/2024)

1. Melewatkan Sahur

Penyebab berat badan naik ketika puasa yang tersebut pertama adalah rutin melewatkan waktu sahur. Beberapa orang beranggapan bahwa tidak ada makan sahur bisa jadi membantu menurunkan berat badan lebih tinggi cepat lantaran menurunkan asupan kalori tubuh.

Padahal, anggapan yang disebutkan salah. Kebiasaan melewatkan sahur justru menyebabkan tubuh menjadi sangat lapar. Hal yang disebutkan dapat meningkatkan nafsu makan ketika berbuka puasa, sehingga bisa jadi menyebabkan seseorang cenderung mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Tidur Setelah Sahur

Kebiasaan tidur setelahnya sahur juga berisiko menyebabkan berat badan bertambah ketika puasa. Hal ini menyebabkan asupan kalori yang tersebut didapatkan pasca makan sahur akan dibakar pada total sedikit.

Baca Juga:  6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Seperti Diidap Donny Kesuma

Saat tidur, proses metabolisme pada di tubuh berjalan cenderung tambahan lambat dibandingkan ketika beraktivitas. Akibatnya, kalori yang dimaksud tiada digunakan akan menumpuk menjadi lemak kemudian menyebabkan berat badan naik.

Related Articles

Back to top button