Kesehatan

5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Satelitemx.net – JAKARTA – Apakah Anda kerap menatap langit pada waktu malam hari sebab sulit untuk tidur? Jika hal ini terjadi setiap hari, Anda mungkin saja mengalami insomnia , gangguan tidur yang dimaksud menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Jika dibiarkan, mampu menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung kemudian keresahan mental, dan juga mengganggu daya ingat lalu konsentrasi. Untuk itu, perlu segera ditangani.

Sementara, pada insomnia kronis , efeknya meningkatkan risiko berbagai hambatan kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus serta kanker.

Nah, apabila Anda mengalami kelainan ini, berikut beberapa olahraga terbaik untuk mengatasi insomnia guna meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga untuk mengatasi insomnia

1. Olahraga kardiovaskular/ aerobik
Menurut Sleep Foundation, olahraga kardiovaskular atau aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur kemudian mengempiskan rasa kantuk berlebihan di dalam siang hari bagi penderita insomnia. Faktanya, aerobik dapat menurunkan keparahan kondisi gangguan pernapasan pada waktu tidur, seperti apnea tidur obstruktif.

Anda dapat melakukan aerobik seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda di dalam pagi hari agar tidur tambahan nyenyak di dalam di malam hari hari.

Pakar kebugaran Chitharesh Natesan menyarankan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit hampir setiap hari di seminggu untuk mendapatkan khasiat yang tersebut merangsang tidur.

2. Yoga
Melakukan pose yoga lembut sebelum tidur dapat memproduksi tubuh serta pikiran rileks sehingga tambahan mudah untuk tidur. Sebuah studi yang digunakan dilaksanakan oleh Indian Journal Of Psychiatry, menemukan bahwa penderita insomnia merasakan penurunan gangguan tidur yang tersebut signifikan.

3. Tai Chi
Tai Chi merupakan seni bela diri China kuno yang tersebut terkenal dengan gerakannya yang dimaksud lambat lalu disengaja. Tai Chi dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Ini adalah adalah praktik pikiran-tubuh yang digunakan meningkatkan relaksasi, menghurangi stres serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, yang semuanya berkontribusi pada kualitas tidur yang dimaksud lebih tinggi baik.

Baca Juga:  Karies Gigi Sering Dijumpai Pada Anak Berkebutuhan Khusus, Ternyata Hal ini Sebab dan juga Cara Mengatasinya

Sebuah penelitian yang mana diterbitkan oleh International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa Tai Chi memberikan efek positif pada penderita insomnia serta membantu meringankan gejala depresi serta kecemasan.

Related Articles

Back to top button