Otomotif

4 Tips Merawat Cat Doff, Hindari Nomor Tiga Agar Bodi Motor Tidak Belang

Satelitemx.net – Merawat cat pada bodi motor, khususnya yang berwarna doff memang benar membutuhkan perlakuan khusus. karena itu bila salah melakukan perawatan, cat doff bisanya menjadi kusam atau belang.

Namun demikian, sebenarnya terdapat trik khusus agar bodi motor dengan warna doff tiada cepat kusam. Berikut beberapa tips khusus untuk mearawat bodi kendaraan beroda dua motor dengan cat doff seperti disitir dari Wahana Honda, Hari Jumat (9/2/2024):

Pakai Kain Halus

Setiap bagian motor sebaiknya menggunakan kain lap yang digunakan berbeda. Misalnya kain pencuci untuk bagian bagian roda kemudian mesin, bedakan dengan bagian bodi motor.

Tujuannya agar kotoran yang mana sudah ada menempel pada lap akibat membersihkan roda, tidaklah merusak lapisan cat bodi sepeda gowes motor. Kotoran halus yang tersebut tetap memperlihatkan menempel pada lap akan mengakibatkan baret dan juga garis-garis halus pada cat motor.

Permukaan cat doff lebih banyak kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain halus dan juga lembut agar tak menciptakan cat tergores atau baret. Ingat, lap bodi motor pada waktu basah.

Jangan Langsung Pakai Kanebo

Bodi motor berwarna doff yang mana kotor, jangan secara langsung dilap dengan kanebo atau kain microfiber. alasannya kotoran dan juga debu yang digunakan bergesekan pada bodi dapat mengakibatkan baret halus.

Sebaiknya siram seluruh bodi motor dengan air lebih tinggi dulu, beri sabun pencuci motor, bilas dengan air bersih serta baru dilap dengan kain microfiber atau kanebo.

Hindari Sabun Colek

Wajib gunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda gowes motor. Jangan pakai sabun colek deterjen. Efeknya dapat bikin cat motor terlihat kusam. Salah menggunakan sabun cuci motor mampu menimbulkan warna doff lebih besar mudah memudar atau kusam jika dibandingkan dengan cat warna glossy.

Baca Juga:  Viral 2 Bocah Madura Nekat Naik Motor ke Jakarta Demi Temui Teman, Modal GPS kemudian Uang Rp100 Ribu

Sebaiknya pakai sabun atau shampo khusus, sebab ia miliki isi PH netral yang mana tak mudah merusak lapisan cat.

Treatment Khusus

Cairan poles wáter base tambahan aman bagi cat berwarna doff kemudian tidak ada memunculkan efek glossy. Karena itu, carilah cairan atau treatment khusus untuk motor warna doff.

Karena cairan khusus warna doff biasanya menimbulkan permukaan doff semakin tebal sehingga tekstur doffnya jadi semakin terlihat.

Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air kemudian minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan. Jika tangan terasa licin dapat dipastikan obat poles itu menggunakan materi dasar minyak.
Tapi apabila bukan terasa licin juga cepat menguap, itu artinya obat poles yang dimaksud menggunakan unsur dasar air. Demikian tips merawat bodi sepeda gowes motor dengan cat doff.

Related Articles

Back to top button