Olahraga

4 Teknik Lari Jarak Pendek yang dimaksud Harus Sprinter Kuasai

Satelitemx.net – JAKARTA – Kuasai teknik lari jarak pendek jika kamu ingin menjadi sprinter handal. Selain mempengaruhi performa, penguasaan teknik lari jarak pendek yang dimaksud benar kan menghindarkan kamu dari cedera.

Lari jarak pendek atau biasa disebut sprint adalah cabang olahraga atletik. Nomor ini miliki jarak yang mana paling pendek dari nomor lari lainnya, umumnya berjarak 100-400 meter.

Karena jaraknya yang mana pendek, sprint membutuhkan lebih banyak banyak kekuatan juga kecepatan tinggi. Nah, untuk mendapatkan kecepatan yang dibutuhkan, berikut teknik lari jarak pendek yang digunakan harus sprinter ketahui.

1. Teknik Start

Start jongkok adalah jenis tempat awal yang dimaksud digunakan untuk lari jarak ini. Tempat jongkok digunakan sebagai start sebab sikap ini akan meningkatkan kecepatan lari ketika pistol ditembakkan. Selain itu, pelari juga akan merasa nyaman pada kedudukan ini pada waktu dia bersiap untuk berlari.

Ada tiga macam di melakukan start jongkok, antara lain: start pendek, start menengah serta start panjang.

2. Teknik Lari ketika Aba-Aba

Aba-aba pada lari jarak pendek terjadi sebelum pelari mulai berlari. Aba-aba pada lari ini dibagi menjadi tiga tahap. Antara lain:

Bersedia: Segera letakkan tangan dalam garis. Jempol dan juga jari lainnya memproduksi huruf V terbalik. Condongkan bahu ke depan. Lengan lurus. Setelah kata “Bersedia” diucapkan, gerakkan tubuh sedikit ke depan. Jaga agar tangan masih lurus kemudian kepala pada tempat yang nyaman untuk menghindari otot leher tegang.

Siap: Condongkan badan tambahan jarak jauh ke depan dengan mengangkat pinggul lebih lanjut tinggi dari bahu.
Cobalah untuk mempertahankan pandangan lurus ke depan lalu pertahankan tangan di tempat posisi. Tarik napas dalam-dalam juga angkat panggul.

Baca Juga:  Jerawat Minggat! Ini adalah Urutan Skincare untuk Remaja yang digunakan Benar

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button