Olahraga

3 Alasan Shin Tae yong Pilih Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly

Satelitemx.net – Shin Tae-yong sudah pernah memutuskan pemain yang tersebut dibawa pada waktu Timnas Indonesia vs Vietnam di lanjutan fase Grup F Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Setiap daftar nama pemain dibeberkan pasti memunculkan polemik.

Polemik kali ini ketika Shin Tae-yong memanggil Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly . Keputusan ini tentunya sangat mengejutkan mengingat sebelumnya pemain Arema FC ini tak masuk di daftar 28 nama yang dibawa Timnas Indonesia.

Karena hal ini juga Arkhan belum mempersiapkan apapun untuk menguatkan Timnas Indonesia pasca mendapat libur jeda kompetisi Kejuaraan 1 2023-2024. Kini dirinya harus mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di area Jakarta.

Keputusan ini dibuat mendadak oleh STY setelahnya Elkan Baggott, Jordi Amat, kemudian Yance Sayuri dikabarkan absen di laga penting tersebut. Dipanggilnya Arkhan Fikri seakan memagari langkah Stefano Lilipaly untuk masuk ke Skuad Timnas Indonesia.

Hal ini sebenarnya bukanlah hal baru akibat Lilipaly belakangan memang benar jarang dipanggil Shin Tae yong untuk perkuat regu Garuda. Tentunya tidak tanpa alasan mengapa pemain Borneo FC ini tak kembali dipanggil STY.

3 Alasan Shin Tae yong Pilih Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly

1. Faktor Usia

Salah satu alasan mengapa Arkhan Fikri lebih tinggi dipilih Shin Tae yong ketimbang Stefano Lilipaly kemungkinan besar sebab faktor usia. Mengingat Arkhan pada waktu ini masih baru menginjak usia 19 tahun sedangkan Lilipaly sudah ada memasuki usia 34 tahun.

Faktor usia ini menjadi pertimbangan dikarenakan Shin Tae yong memang benar sudah pernah dikenal sebagai ahli yang mana suka mengembangkan bakat-bakat muda. Terlebih pemain muda memang sebenarnya dinilai tambahan menjanjikan dalam masa depan.

Baca Juga:  India Open 2024: Persiapan Matang serta Ketenangan Bawa Jonatan Christie ke Babak 16 Besar

Dengan memberi kesempatan lebih tinggi sejumlah meningkatkan kekuatan timnas bagi bakat-bakat muda tentulah sanggup jadi prospek bagus untuk memulai pembangunan skuad Garuda di dalam masa depan.

2. Kondisi Fisik Lilipaly dianggap Kurang

Alasan ini diungkapkan sendiri oleh Shin Tae yong ketika mencoret nama Stefano Lilipaly dari skuad yang tersebut disiapkan untuk Piala Asia 2023 lalu.

Menurut ahli timnas itu, pemain yang tersebut kerap beroperasi di tempat lini sayap itu tak terpilih lantaran kondisi fisik pemain yang mana dianggap kurang mampu bersaing di dalam level Asia.

3. Lebih Membutuhkan Gelandang Ketimbang Winger

Kemungkinan terakhir mengapa Shin Tae yong lebih besar memilih Arkhan Fikri dari Lilipaly adalah akibat timnas lebih lanjut membutuhkan sosok gelandang sedang ketrimbang pemain sayap.

Mengingat timnas Indonesia ketika ini memang benar telah lama dihuni oleh beberapa pemain sayap mumpuni seperti Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana, kemudian Rafael Struick. Dengan banyaknya opsi sayap yang dimaksud tentunya akan menyebabkan nama Lilipaly tiada akan mendapat tempat.

Sedangkan untuk lini tengah, belaka terdapat nama Marc Klok, Ricky Kambuaya, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, serta Tom Haye. Hal ini memproduksi timnas kekurangan satu nama pelapis untuk lini tengah.

Related Articles

Back to top button