Kesehatan

29 Kasus Cacar Monyet Terkonfirmasi, Akankah jadi Kejadian Luar Biasa?

SateliteMX.net – Kasus Mpox alias cacar monyet masih menjadi sorotan rakyat luas. Pasalnya, kasus penyakit satu ini hingga pada masa kini kian meningkat angkatnya.

Berdasarkan keterangan Kepala Biro Komunikasi Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi, hingga pada saat ini telah lama terkonfirmasi sebanyak 29 kasus positif cacar monyet. Sementara itu, terdapat 10 kasus masih menjadi suspek atau dicurigai.

Hal ini mengalami peningkatan setelah sebelumnya pada 30 Oktober data menunjukkan sekitar 24 kasus positif. Namun, saat ini telah dilakukan terjadi penambahan 5 kasus hingga menjadi 29 terkonfirmasi positif.

“Ada 29 kasus konfirmasi serta 10 suspek,” ucap dr Siti Nadia saat dihubungi Suara.com, Rabu (1/11/2023).

Ilustrasi Seseorang Terkena Cacar Monyet (unsplash/new foundation)
Ilustrasi Seseorang Terkena Cacar Monyet (unsplash/new foundation)

Sementara itu, kasus yang dimaksud terkonfirmasi ini diketahui berada di dalam Jakarta, Bandung, serta Banten. Di sisi lain, dengan bilangan cacar monyet yang digunakan terus meningkat ini, rupanya belum ada informasi akan dijadikannya kejadian luar biasa (KLB).

Berdasarkan penjelasan dr Siti Nadia, untuk menetapkan cacar monyet sebagai KLB ini hal itu merupakan kebijakan dinas kesehatan masing-masing provinsi.

“Kasusnya dalam Jakarta, Bandung, lalu Banten. Untuk KLB ini ditetapkan oleh provinsi masing-masing,” jelas dr Siti Nadia.

Sementara itu, dalam menghadapi cacar monyet sendiri, dari Kemenkes sendiri lebih besar berfokus pada upaya pencegahan. Pihaknya melakukan berbagai edukasi kepada publik untuk tidaklah berganti-ganti pasangan sebab berisiko.

“Edukasi pencegahan tidak ada melakukan perilaku seks berganti-ganti pasangan atau mempunyai banyak pasangan,” tuturnya.

Untuk pasien yang mana terkonfirmasi, sejauh ini masih menjalani pengobatan dan juga pemulihan di tempat rumah sakit kemudian belum ada yang tersebut sembuh. Pasien juga dijalankan isolasi pada rumah sakit agar penyakit hal tersebut bukan semakin tertular.

Baca Juga:  Pakar Mikrobologi UI Ungkap Kecepatan Penyebaran Cacar Monyet, Lebih Cepat Mana Dibanding Covid-19?

“Belum ada yang tersebut sembuh lalu masih pemulihan. Kalau sakit langsung isolasi dalam rumah sakit,” pungkas dr Siti Nadia.

Gejala cacar monyet

Masyarakat sendiri juga perlu mewaspadai gejala-gejala yang muncul dari kondisi cacar monyet ini. Biasanya, cacar monyet akan menimbulkan berbagai gejala seperti:

  • Demam di area atas 37,5 derajat C;
  • Sakit kepala;
  • Nyeri otot;
  • Kelelahan;
  • Bengkak pada kelenjar getah bening;
  • Kulit kemerahan berjerawat;
  • Timbul bentol berisi air;
  • Hingga muncul luka dalam permukaan kulit.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button