Nasional

15 Tersangka Kasus Pungli Rutan KPK Ditahan pada Rutan Polda Metro, Ini adalah Alasannya

Satelitemx.net – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 15 pegawainya sebagai terdakwa pungutan liar (pungli) di area rumah tahanan (Rutan) KPK. Belasan pegawai komisi antirasuah itu ditahan di area Rutan Polda Metro Jaya .

Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu menyatakan pihaknya sengaja tak menempatkan mereka itu di area Rutan Pusat KPK.

“Bahwa memang sebenarnya kami sengaja tiada menempatkan di tempat Rutan KPK, baik yang dimaksud dalam K4, C1 maupun dalam Guntur atau di tempat TNI AL. Ini adalah terkait dengan hambatan psikologis tentunya,” ujar Asep pada waktu konferensi pers dalam kantornya, hari terakhir pekan (15/3/2024).

Psikologis yang dimaksud dimaksud, kata Asep, salah satu dari 15 terdakwa merupakan Karutan Unit KPK bernama Achmad Fauzi.

“Tentunya kalau ditempatkan di area di sini secara psikologis itu berpengaruh terhadap rekan-rekan yang pada waktu ini telah dilaksanakan rolling serta lain-lain. Hal ini kan bosnya, pimpinannya,” tuturnya.

“Untuk menjaga netralitas kemudian lain-lain, agar tiada terjadi lagi (kejadian yang mana sama), penjara yang digunakan 15 ini di tempat Rutan Polda Metro Jaya,” tutupnya.

Baca Juga:  PPP Akui Sandiaga Uno Belum Berikan Efek Elektoral

Related Articles

Back to top button