Bisnis

14 BUMN Sakit Mulai Pulih, Salah Satunya Studio Musik Pertama RI Lokananta

Satelitemx.net – JAKARTA – PT Korporasi Pengelola Aset (PPA) melakukan restrukturisasi berhadapan dengan 21 BUMN Titip Kelola. Dari 21 BUMN Titip Kelola, 7 BUMN dijalankan penutupan sebab telah tidak ada memiliki nilai ekonomis lalu tiada memberikan khasiat bagi warga sesuai tujuan pendirian BUMN.

Sedangkan, proses restrukturisasi 14 BUMN Titip Kelola lainnya mulai menunjukkan banyak kemajuan positif. Adapun 14 BUMN Titip Kelola yang disebutkan adalah PT Amarta Karya (Persero), PT Barata Indonesia (Persero), PT Boma Bisma Indra (Persero), PT Djakarta Lloyd (Persero), lalu PT Dok lalu Perkapalan Kodja Bahari (Persero).

Lalu, PT Dok dan juga Perkapalan Surabaya (Persero), PT Industri Kapal Indonesia (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Industri Telekom Indonesia (Persero), PT Semen Kupang (Persero), serta PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero). Kemudian, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), PT Primissima (Persero), dan juga PT Varuna Tirta Prakasya (Persero).

Direktur Utama PPA, Muhammad Teguh Wirahadikusumah mengatakan, pada melaksanakan mandat Surat Kuasa Khusus dari Menteri BUMN, PPA sudah pernah melakukan kajian yang komprehensif untuk merumuskan strategi penyelesaian masing-masing BUMN Titip Kelola.

Langkah penyehatan itu mulai dari signifikansi perusahaan, keunggulan kompetitif, persepsi pasar, dan juga kinerja keuangan. Selanjutnya, tahapan restrukturisasi diadakan dengan memperhatikan berbagai aspek baik hukum, sosial, bisnis, dan juga keuangan, dengan mengedepankan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang dimaksud baik.

“Sehingga, hasil penilaian yang disebutkan menjadi dasar pertimbangan yang mana kuat pada menentukan arah penanganan BUMN ke depan,” ucap Teguh, Kamis (18/1/2024).

Dia mengatakan, sejak mendapat amanat Surat Kuasa Khusus pada akhir 2020 lalu, PPA telah dilakukan melakukan kajian menyeluruh. Kajian itu meliputi sumber daya manusia (SDM), organisasi, operasional, keuangan, hukum, juga kebijakan.

Baca Juga:  Mudik Asyik Bersama BUMN PT Pegadaian Tahun 2024 Siap Berangkat!

Tujuan kajian untuk mendapatkan kemudian menguatkan model bidang usaha yang berkelanjutan (sustainable business model) pada masing-masing BUMN Titip Kelola. Dia mencotohkan, PPA sukses menyelesaikan revitalisasi Lokananta yang digunakan merupakan aset PNRI di tempat Daerah Perkotaan Surakarta, Jawa Tengah. Lokananta yang mana merupakan studio rekaman pertama serta terbesar di tempat Indonesia ini telah lama dibuka kembali pada Juni 2023.

PPA juga melakukan revitalisasi Persero Batam untuk menguatkan peran strategisnya sebagai operator terminal logistik terintegrasi yang dimaksud turut meningkatkan konektivitas rantai pasok regional juga internasional. Persero Batam saat ini menjadi operator Terminal Peti Kemas Batu Ampar yang tersebut sudah pernah dioperasikan pada awal November 2023. Proyek ini merupakan langkah konkret di menyediakan infrastruktur yang digunakan berkelanjutan serta berdampak positif bagi peningkatan sektor ekonomi nasional, serta secara khusus memberikan dampak bagi kemajuan perekonomian di tempat Pulau Batam.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button